Surat Edaran untuk Memperingati Hari Lahir Soekarno

Tika Purwana

Soekarno

Koranindonesia.id – Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, menerbitkan surat edaran (SE) yang mewajibkan ASN pria mengenakan peci hitam setiap bulan Juni untuk memperingati hari lahir Presiden pertama RI, Ir. Soekarno. Surat edaran ini, yang ditandatangani langsung oleh Achmad pada Selasa (28/5/2024). Menetapkan bahwa Juni merupakan “Bulan Bung Karno” karena banyak peristiwa penting dalam hidup Soekarno terjadi pada bulan ini. Beberapa peristiwa penting tersebut meliputi hari lahir Pancasila, kelahiran, dan wafatnya. Achmad menjelaskan bahwa Soekarno telah meninggalkan banyak warisan penting bagi bangsa Indonesia, salah satunya adalah sebagai proklamator kemerdekaan.

” Baca Juga: Kapal KM Bintan Jaya 10 Tenggelam di Laut Jawa “

Makna Peci Hitam sebagai Simbol Budaya

Selain itu, Achmad menambahkan bahwa Soekarno juga mempopulerkan budaya Indonesia melalui peci atau kopiah hitam yang sering digunakannya. Menurutnya, peci hitam merupakan salah satu ciri khas yang sangat identik dengan Soekarno. Oleh karena itu, Achmad menginstruksikan agar ASN mengenakan peci hitam setiap bulan Juni saat melaksanakan tugas dinas sebagai bentuk penghormatan dan pengingat akan sosok Bung Karno.

Tanggapan Positif dari Budayawan

Budayawan Sumenep, Ibnu Hajar, memberikan respons positif terhadap surat edaran yang diterbitkan oleh Achmad Fauzi. Menurut Ibnu, langkah ini merupakan upaya yang tepat untuk melestarikan simbol sejarah dan kebudayaan Indonesia. Ia menekankan bahwa Soekarno, sebagai proklamator, tidak dapat dipisahkan dari sejarah proklamasi Indonesia yang juga melibatkan Hatta. Peci hitam yang sering digunakan olehnya dianggap sebagai simbol budaya yang sangat bermakna dan penting. Tidak hanya dalam konteks religius tetapi juga sebagai identitas kebudayaan Indonesia.

Baca Juga:   Selebgram Chandrika Chika dan 5 Temannya Ditangkap Polisi

Peci Hitam dalam Konteks Sejarah dan Kebudayaan

Ibnu Hajar menambahkan bahwa ketika melihat orang yang mengenakan peci hitam. Terutama di luar negeri, akan mengingatkan kita pada Indonesia dan peran penting yang dimainkan oleh Soekarno. Selain itu, di tengah periode ibadah haji, orang yang sedang melakukan wukuf di Arafah dapat melihat tanaman Mimba yang pertama kali ditanam olehnya.

” Baca Juga: Pembunuh Berantai Kanada Robert Pickton Meninggal di Penjara “

Tanaman tersebut masih terawat hingga kini, menunjukkan betapa besar pengaruh dan keabadian nama serta perjuangan Bung Karno. Ibnu mengapresiasi inisiatif Bupati Sumenep yang mengingatkan masyarakat akan sejarah dan peran penting Soekarno bagi bangsa Indonesia.

Baca artikel Koranindonesia.id lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim koranindonesia.id hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Artikel Terkait