Pujian SBY terhadap Pidato Prabowo Shangri-La Dialogue 2024

Tika Purwana

Prabowo

Koranindonesia.id – Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), memuji pidato Menteri Pertahanan yang juga Presiden terpilih, Prabowo Subianto. Dalam forum Shangri-La Dialogue 2024 di Singapura. SBY menyampaikan apresiasinya melalui akun resmi X @SBYudhoyono pada hari Senin, 3 Juni 2024. Ia menyebut pidato Prabowo sebagai “strong and also beautiful” (kuat dan juga indah). Menurut SBY, komitmen Prabowo terhadap isu Palestina mendapatkan tanggapan positif dari berbagai kalangan.

” Baca Juga: Chacha Frederica Menyesuaikan Diri Setelah Menikah “

Dukungan terhadap Solusi Dua Negara

SBY menyoroti pernyataan Prabowo Subianto yang menekankan perlunya segera mewujudkan negara Palestina yang merdeka dan berdaulat melalui konsep ‘two-state solution’. Ia juga mendesak dilakukannya gencatan senjata dan pengakhiran perang di Gaza. Serta kesiapan Indonesia untuk mengirimkan pasukan penjaga perdamaian dan unit medis guna merawat serta mengevakuasi penduduk Palestina yang terluka akibat ofensif Israel. Menurut SBY, hal ini menunjukkan keteguhan sikap dan inisiatif dari pemimpin Indonesia dalam mengatasi konflik di Gaza. Sekaligus memperlihatkan aksi nyata Indonesia sebagai bagian dari solusi.

Kebanggaan dan Dukungan SBY

Sebagai mantan presiden, SBY menyatakan rasa bangganya terhadap langkah Prabowo dan mendukung penuh komitmennya. SBY mengingatkan bahwa selama masa kepemimpinannya, ia juga pernah mengirimkan pasukan pemelihara perdamaian ke perbatasan Lebanon-Israel pada tahun 2006. Sebuah inisiatif yang ia sampaikan dalam pertemuan puncak OKI di Kuala Lumpur dan mendapatkan dukungan kuat dari berbagai kalangan. SBY menegaskan bahwa Prabowo sudah berada di jalur yang tepat dan berperan sebagai ‘foreign policy President’. Ia memberikan dukungan moral kepada Prabowo dan mendorongnya untuk terus melanjutkan kebijakan luar negerinya.

Baca Juga:   Guncangan Gempa Bumi di Taiwan: Reaksi Artis dan Dampaknya

Pidato Prabowo di Forum IISS Shangri-La Dialogue 2024

Sebelumnya, Ia tampil sebagai pembicara dalam sesi Special Address di forum The International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2024. Dalam pidatonya, Ia menyoroti isu-isu strategis keamanan global, termasuk komitmen Indonesia untuk memberikan bantuan ke Gaza. Prabowo menyatakan kesiapan Indonesia untuk mengirimkan pasukan penjaga perdamaian jika diminta oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dan tenaga medis untuk mengevakuasi warga Palestina. Ia menegaskan bahwa Indonesia siap menyumbangkan pasukan penjaga perdamaian yang signifikan untuk memantau gencatan senjata serta memberikan perlindungan dan keamanan. Selain itu, Indonesia juga bersedia mengirimkan tenaga medis untuk mengoperasikan rumah sakit lapangan di Gaza dan mengevakuasi hingga 1.000 pasien jika situasi memungkinkan.

” Baca Juga: Dubes Inggris untuk Meksiko Jon Benjamin Dipecat “

SBY mengakhiri pernyataannya dengan memberikan dukungan eksplisit kepada Prabowo dan menegaskan bahwa ia berada di jalur yang benar dalam kebijakan luar negerinya. S erta mendoakan agar Prabowo sukses dalam menjalankan tugasnya sebagai Presiden Indonesia.

Baca artikel Koranindonesia.id lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim koranindonesia.id hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Artikel Terkait