Banner sumsel

Yuk Simak! Langkah-langkah Mengurus BPKB Yang Hilang

PALEMBANG, koranindonesia.id – BPKB (Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor) merupakan dokumen yang penting, buku ini diterbitkan oleh Satuan Lalu Lintas Polri sebagai bukti kepemilikan kendaraan. Kehilangan BPKB bisa menimpa kepada siapa saja serta penyebabnya bisa bermacam-macam, bahkan ketika anda telah menyimpanya dengan baik. Apabila hal tersebut di alami anda, maka anda harus mengurus kembali agar kendaraaan anda tetap memiliki surat-surat yang sah. Mengurus BPKB yang hilang harus dilakukan di Kantor SAMSAT dan berikut ini langkah-langkahnya yang dilansir dari laman resmi Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) Provinsi DKI Jakarta:

Langkah pertama membuat laporan kehilangan, membuat laporan atau surat kehilangan yang dikeluarkan secara resmi oleh pihak kepolisian. Untuk ini, Anda bisa mendatangi kantor polisi terdekat, Polsek atau Polres, sehingga kepolisian akan membuat Berita Acara Pemeriksaan (BAP). Kemudian Mengisi formulir permohonan serta menyiapkan syarat-syaratnya seperti Identitas diri KTP atau SIM. Setelah itu anda akan di minta menandatangi surat tersebut.
Langkah kedua membuat surat keterangan dari reserse, anda juga harus membuat surat keterangan kehilangan dari bagian reserse. Sama seperti saat membuat laporan kehilangan, Anda akan ditanya mengenai kronologis kehilang¬an. Setelah petugas reserse selesai membuat surat keterangan, Anda harus melakukan tanda tangan. Cek kembali isi surat sebelum menandatanganinya.
Langkah ketiga membuat surat pernyataan kehilangan, setelah surat laporan kehilangan dan keterang¬an dari reserse sudah ada, Anda perlu membuat surat pernyataan bahwa telah kehilangan BPKB. Surat peryataan tersebut mesti diberi materai dan ditandatangani pemilik kendaraan.
Langkah keempat siapin surat keterangan dari bank, surat yang harus dimiliki yakni surat keterangan dari bank bahwa kendaraan yang akan dibuatkan BPKB duplikat tidak dalam status jaminan bank. Surat ini pun mesti dilengkapi dengan materai.
Langkah kelima mengiklankan kehilangan BPKB, setelah membuat surat kehilangan, keterangan reserse dan surat pernyataan, langkah selanjutnya adalah mengiklankan berita kehilangan BPKB tersebut di dua media massa berbeda. Anda cukup manfaatkan iklan baris untuk hal ini, karena biayanya relatif murah. Setelah iklan tersebut terbit, jangan lupa menyimpannya sebagai bukti berikut kuitansi pembayaran pemasangan iklan tersebut.
Langkah keenam datang ke kantor SAMSAT, setelah semua surat keterangan di atas lengkap, datang ke SAMSAT tempat kendaraan Anda terdaftar. Siapkan fotokopi KTP dan STNK. Bawa kendaraan yang akan dibuatkan BPKB duplikat, karena Anda akan menjalani proses cek fisik dan petugas akan mengambil data nomor rangka serta mesin kendaraan.

Kemudian bawa persyaratan tersebut ke loket BPKB Hilang untuk mendaftarkan permohonan. Bila semua syarat dinyatakan lengkap, petugas akan menerima pendaftaran Anda dan melakukan proses pembuatan BPKB duplikat. Prosesnya sekitar satu bulan. Semoga bermanfaat (nnn)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.