Banner Pemprov 2020
kopri

Yakin..! Bos UFC Putuskan Pensiun Khabib Nurmagomedov ?

JAKARTA, koranindonesia.id – Khabib Nurmagomedov memutuskan pensiun dari UFC, namun Bos UFC Dana White tak mau menyebut gelar kelas ringan jadi lowong. Berapa lama UFC bisa membiarkan Khabib pensiun?

Dana White yakin Khabib bakal kembali, karena itu gelar kelas ringan milil The Eagle tidak akan dicopot. Hal itu juga sama dengan tidak bakal ada perebutan gelar yang lowong antara kedua petarung kelas ringan lain.

Pernyataan tersebut jadi menarik karena perlakuan Dana White pada Khabib jauh berbeda dibandingkan perlakuan bos UFC tersebut pada Henry Cejudo, Jon Jones, hingga Conor McGregor.

Padahal Cejudo, Jones, dan McGregor adalah termasuk kelompok petarung elite UFC yang sudah lebih dulu meraih nama besar dibandingkan Khabib.

Cejudo adalah juara kelas terbang dan bantam UFC. Ia memutuskan mundur usai duel lawan Dominick Cruz di pertengahan 2020.

Jon Jones adalah penguasa gelar light heavyweight selama bertahun-tahun. Ia memutuskan melepaskan gelar light heavyweight usai menang angka atas Dominick Reyes.

McGregor sering disebut sebagai petarung yang membuka pengaruh UFC lebih menyebar ke seluruh dunia. Namun McGregor memutuskan mundur di pertengahan tahun ini lantaran ia kecewa tak dapat jadwal bertarung dan merasa sudah waktunya untuk pensiun.

Tiga petarung elite yang mundur dalam waktu berdekatan tidak menggoyahkan White. White menganggap Cejudo pensiun karena sudah lelah memangkas bobot tubuh.

White menyebut Jones sudah cukup mendapatkan uang untuk hidup tenang usai pensiun sebagai petarung UFC. White juga tak terlalu pusing dengan McGregor pensiun. Ia ikut senang dengan keputusan McGregor pensiun.

White sangat pandai memainkan kartu-nya. Ia yakin bahwa petarung-petarung tersebut masih punya gairah untuk kembali. White bisa jual mahal dan terbukti Jones kini disibukkan dengan persiapan pindah ke kelas berat, sedangkan McGregor tengah mengatur duel lawan Dustin Poirier yang rencananya digelar awal 2021.

Seiring pensiunnya Cejudo dan Jones, White tak butuh waktu lama untuk mengumumkan gelar lowong dan duel perebutan gelar tersebut. Kini gelar kelas terbang dipegang Deiveson Figueiredo, kelas bantam dipegang Petr Yan, sedangkan light heavyweight dipegang Jan Blachowicz.

Merayu Khabib Kembali

Merujuk pada perilaku UFC pada bintang-bintang lain, jelas White memberikan perlakuan berbeda pada Khabib. Ia paham bahwa masalah pensiun Khabib punya alasan berbeda dibandingkan dengan Cejudo dan Jon Jones yang bersumber pada masalah materi dan soal bayaran pertandingan.

Khabib pensiun karena janji pada Ibu sehingga hal tersebut tentu butuh penanganan berbeda dan tak akan bisa selesai dengan nilai kontrak baru yang lebih besar dan sebagainya.

White mengaku telah berbicara dengan Khabib dan kini peluang Khabib batal pensiun mulai muncul, meskipun belum besar karena Khabib masih berpegang pada keputusan tersebut.

White lalu melancarkan jurus lain dengan mengatakan bahwa gelar kelas ringan tidak lowong. Itu berarti UFC masih menganggap Khabib jadi juara kelas ringan dan buruan nomor satu di kelas tersebut.

Dari segi pemasukan, Khabib adalah salah satu bintang andalan UFC saat ini. Pesona Khabib yang kuat turut melebarkan penetrasi dan publikasi UFC.

Namun berapa lama UFC bertahan dengan menyatakan gelar kelas ringan tidak lowong?

Menilik rata-rata petarung UFC yang melakoni 1-2 pertarungan setahun, UFC masih punya rentang waktu hingga semester awal 2021 untuk menahan status juara kelas ringan menjadi milik Khabib.

Hingga bulan Mei-Juni, UFC harus mulai menjelaskan status Khabib dan penantang yang bakal melawannya di perebutan gelar berikutnya. Salah satu kandidat lawan baru Khabib adalah pemenang duel McGregor lawan Poirier di awal 2021. Calon lawan lainnya adalah Tony Ferguson yang mungkin masih butuh satu pertarungan untuk bisa maju menghadapi Khabib.

Dengan skema tersebut, bakal ideal bila kemudian laga berikutnya Khabib bakal kembali berlangsung di semester kedua 2021. Hal itu tentu juga tak akan menimbulkan protes dari petarung lain di kelas ringan tentang status Khabib sebagai juara bertahan.

Namun bila UFC masih belum bisa meyakinkan Khabib untuk kembali bertarung hingga memasuki semester kedua 2021, tentu kondisi itu tidak adil bagi petarung lain di kelas ringan.

Meski UFC bisa memainkan perebutan sabuk juara kelas interim, hal itu tentu berbeda makna dan berbeda kondisi. Sabuk juara interim jelas jauh lebih inferior dibandingkan sabuk juara kelas ringan.

Suara-suara sumbang bakal bermunculan dari petarung-petarung kelas ringan seperti McGregor, Ferguson, Gaethje, hingga Poirier. Bahkan suara protes juga mungkin berasal dari petarung kelas lainnya terhadap keistimewaan yang diperoleh Khabib dari UFC.

UFC masih punya waktu untuk memainkan kartu dan menahan Khabib agar batal pensiun, namun kesempatan UFC memiliki batas yang sebaiknya mereka patuhi demi reputasi yang telah mereka bangun selama ini.

Beda halnya bila UFC melepas gelar kelas ringan Khabib dan menunggu petarung asal Rusia benar-benar siap kembali ke octagon. Dengan tata cara ini, UFC tak punya batas waktu untuk menanti.

(MT) 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.