Waspadai Penyakit ini Usai Lebaran

Lebaran identik yang enak-enak terutama makanannya, hampir  sebagian keluarga akan menyiapkan menu-menu yang mengugah selera. Nafsu makan tak lagi bisa ditahan.

Rasa nikmat yang begitu khas dari setiap potongan makanan khas lebaran, anatara lain ketupat, opor ayam, rendang malbi dan sebagainya yang dihidangkan, ditambah  kue-kue kering yang senantiasa menggugah selera untuk disantap begitu menarik dipandang mata.

Tetapi perlu diwaspadai, ada banyak pemicu penyakit dibalik hidangan-hidangan istimewa itu yang disajikan saat Idul Fitri seperti dilansir doktersehat.com. Terlebih lagi jika pola makan anda pada saat hari raya dengan hidangan makanan yang begitu istimewa dan beragam tidak bisa anda kontrol. Maka siap-siap dengan ancaman penyakit yang bisa saja datang tanpa diduga-duga mungkin akan menghampiri anda.

Terutama, jika pola makan saat hari lebaran tidak anda perhatikan serta ketahanan tubuh diabaikan, maka resiko beberapa penyakit akan lebih mengancam anda. Terutama, persiapan menjelang lebaran dan sesudah lebaran akan menjadi saat-saat yang begitu melelahkan, mulai dari persiapan membuat kue lebaran, membersihkan rumah untuk lebaran hingga mudik lebaran. Hal ini tentunya akan sangat menyiksa.

Berikut ada beberapa penyakit yang mengintai pasca lebaran :

Penyakit kronis yang kambuh

Berbagai penyakit kronis umumnya cenderung akan mengalami kambuh setelah lebaran. Seperti yang kita ketahui budaya lebaran adalah budaya silatrahni dengan berkunjung ke rumah keluraga dan sanak saudara. Dan hal yang paling sering dilakukan ketika silaturahmi dan berkunjung adalah mencicipi hidangan makanan yang disediakan. Beragam makanan dan minuman yang bervariasi dari mulai asin, manis, gurih, bersoda, pedas, asam semuanya akan dicoba dan mungkin termasuk orang yang memiliki riwayat penyakit kronis, mereka juga akan senantiasa mencicipi makanan yang mengandung lemak, koleterol tinggi dan masih banyak lagi. Sehingga tidak heran jika penyakit kronis seperti hipertensi, diabetes, kolesterol akan lazim kambuh setelah lebaran.

Penyakit yang timbul akibat kelelahan

Mepersiapkan hari lebaran dan terutama setelah lebaran biasanya selalu ada tradisi mudik. Tradisi ini masih dipegang teguh untuk sebagian besar masyarakat Indonesia. Kegiatan mudik emmang menyenangkan, mengingat ini adalah moment bahagia dimana anda akan berjumpa kembali dengan saudara lama yang sudah sekian lama tak bertemu, hanya saja sebagian besar kegiatan mudik ini akan membuat orang kelelahan dan kurang tidur. Akibatnya bila tidak diimbangi dengan pola makan yang sehat serta istirahat yang cukup, maka beberapa penyakit seperi batuk, pilek, radang tenggorokan hingga inpeksi saluran pernapasan bukan tidak mungkin menyerang anda. Untuk itulah, saat mempersiapkan mudik dihari lebaran ada baiknya imbangi dengan konsumsi vitamin serta pola makan yang sehat dan sedapat mungkin sisakan waktu untuk beristirahat.

Penyakit yang timbul akibat kebersihan makanan yang kurang terjaga

Suasana  lebaran yang ramai kadang membuat kita lalai, sampah makanan dan alat makan berceceran karena tamu yang membludak, sehingga  mencipatakan kondisi yang tak strill. Jika kondisi seperti ini tidak segera diatasi, maka kuman dan penyakit dari sampah tersebut akan mempengaruhi kesehatan, terutama yang berkaitan dengan sistem pencernaan.

Sampah dan alat-alat tidak higienis yang dibiarkan tetap berserakan akan mengundang penyakit dan nyamuk untuk bersarang, selain itu paparannya akan dibawa pada makanan lain yang kemudian kita konsumsi. Tidak heran jika usai lebaran anak-anak  terkena diare.

Selain itu, serakan sampah yang dibiarkan akan menjadi sarang nyamuk untuk berkembang biak, termasuk nyamuk penyebab demam berdarah. Untuk itulah, bersihkan lingkungan dari sampah dan kotoran lainnya yang beresiko mengundang penyakit. (ard)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.