Bhintan Shalawat

Waspada! Semburan Hoaks Makin Masive Jelang Pemilu

SOLO, koranindonesia.id – Semburan hoaks alias berita bohong yang sengaja disebar melalui media sosial (medsos) kian gencar mendekati Pemilu 17 April mendatang. Ini diketahui dari Patroli Siber yang dilakukan oleh Polresta Solo sekaligus informasi yang diperoleh dari Bareskrim Mabes Polri.

Waka Polresta Solo AKBP Andy Rifa’i mengatakan, sejak dua minggu terakhir intensitas penyebaran hoaks di medsos makin kencang dilakukan oleh orang tak bertanggung jawab. Pihaknya mensinyalir, hoaks ini sengaja diproduksi untuk mengacaukan situasi menjelang Pemilu yang tinggal beberapa hari lagi. “Intensitasnya saat ini makin masive beredar melalui medsos,” terang perwira melati dua itu, Kamis (28/3/2019) siang.

Andy menambahkan,  pola penyebaran hoaks saat ini berbeda dengan sebelumnya. Jika beberapa bulan lalu, hoaks yang disebarkan melalui sosial media memiliki waktu-waktu khusus. Namun, mendekati waktu Pemilu makin intens dan sebaran waktunya acak. “Kami menganalisis, untuk waktu penyebarannya acak. Jika dulu, disebarkannya malam hari. Sekarang, hampir tiap saat,” ungkap Andy.

Mengatasi hal itu, Andy mengimbau kepada masyarakat, untuk bijak dalam menerima informasi khususnya dari media sosial yang beredar di masyarakat. Sehingga, dengan selektifnya masyarakat menerima informasi yang beredar penyebaran hoaks dapat ditekan. “Kuncinya ada pada masyarakat. Jika mereka selektif dan tidak mudah percaya dengan informasi tersebut, tentunya apa yang dilakukan penyebar hoaks sia-sia belaka,” imbau Andy.

(ali)

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.