Waspada, Bahaya Menelan Rambut yang Ada di Makanan

Koranindonesia.id, PALEMBANG — Menjijikkan! Ya, itulah yang akan kita rasakan ketika menemukan sehelai rambut di dalam makanan yang akan disantap. Rasa jijik tersebut sebenarnya muncul lantaran kita tak mengetahui dari mana rambut itu berasal, apakah milik kita sendiri atau milik orang lain yang tak sengaja jatuh ke dalamnya.

Bicara rambut di dalam makanan, ada satu pertanyaan yang mengemuka. Pertanyaannya: Berbahayakah jika tak sengaja menelan rambut yang terselip di makanan? Dikutip dari laman doktersehat.com

Pakar kesehatan di bidang gastroenterology bernama dr. Partha Nandi menyebutkan bahwa menelan rambut yang ada dalam makanan sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan. Sebuah penelitian kesehatan bahkan pernah mengungkapkan fakta menarik dimana manusia sebenarnya tanpa sengaja pernah menelan satu atau dua helai rambutnya sendiri setiap harinya dan hal ini sama sekali tidak akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Hal ini disebabkan oleh rambut yang terdiri dari protein padat bernama keratin yang tidak akan menyebabkan masalah kesehatan pada saluran pencernaan.

Meskipun begitu dr. Partha menyebutkan adanya resiko kesehatan jika kita tanpa sengaja menelan bulu binatang atau jika rambut yang kita telan ternyata sudah ditempeli bakteri staphylococcus. Maria Colavincenzo yang merupakan pakar kesehatan dermatologi yang berasal dari Northwestern University menyebutkan bahwa bakteri ini mampu menyebabkan sakit perut atau diare. Untungnya, kasus rambut yang tertelan dan mengandung bakteri ini cenderung jarang terjadi sehingga kita tidak perlu mengkhawatirkannya.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, Food and Drug Administration (FDA) menyebutkan bahwa rambut yang tertelan tanpa sengaja saat makan tidak akan menyebabkan masalah kesehatan. Hanya saja, jika kita menemukan rambut di dalam mulut kita, ada baiknya memang segera kita keluarkan saja. Semoga bermanfaat (nnn)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.