Banner sumsel

Warga Palembang Siapkan Pertanyaan pada Calon Gubernur di Debat Nanti

PALEMBANG,koranindonesia.id- Benni Mulyadi (49) warga Ario Kemuning Palembang mengaku sudah mengirimkan pertanyaan ke KPU Sumsel terkait dengan debat kandidat yang akan dilakukan 21 Juni mendatang. Dimana dalam salah satu segmennya para kandidat menjawab pertanyaan dari warga yang terpilih oleh KPU. Dirinya berharap pertanyaannya bisa terpilih untuk ditanyakan kepada kandidat calon Gubernur 2018

“Saya sudah mengirimkan tertulis ke KPU Sumsel seperti pengumuman yang mereka buat beberapa waktu lalu,”kata Benni kepada koranindonesia.id, Selasa (19/6/2018). Dia sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh KPU untuk melibatkan masyarakat dalam pilkada langsung ini. Karena ruang untuk bertanyaan kepada kandidat dan langsung dijawab itu menarik dan bentuk kongrit dalam partisipasi masyarakat dalam pilkada.

“Saya sudah siapkan sejumlah pertanyaan, kalau waktunya pendek tentu ada yang prioritas akan saya tanyakan walaupun nanti hanya  lewat video,”kata Pemerhati budaya Sumsel khususnya Sriwijaya ini. Dia mengaku juga jika ada orang KPU Sumsel yang mengontak dirinya.  Benni  berharap ajakan KPU agar masyarakat bertanya  kepada kandidat itu dapat direalisasikan.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Selatan mengajak masyarakat untuk mengajukan pertanyaan dalam kegiatan debat publik pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Selatan tahun 2018 pada 21 Juni 2018 nanti.

Ajakan itu berdasarkan pengumuman Nomor: 948/PL.03.4/16/Prov/VI/2018 yang ditanda tangani oleh Ketua KPU Sumsel  Aspahani. Dalam pengumuman  KPU dijelaskan bahwa salah satu segmen yang disampaikan adalah pertanyaan dari masyarakat untuk pasangan calon.

Namun, KPU memberi batasan bahwa pertanyaan itu harus  bertujuan untuk kemajuan kesejahteraan rakyat, berdasarkan fakta-fakta, tidak mendeskriditkan pasangan calon atau pihak-pihak tertentu.

Pertanyaan yang datang dari masyarakat itu dilakukan secara tertulis dengan melampirkan identitas lengkap di kirim ke KPU untuk dianalisis dan diseleksi  oleh penelis dan terakhir pengiriman pertanyaan pada Senin (18/6) kemarin.

Pertanyaan terpilih akan dibuat dalam bentuk video dan ditayangkan pada segmen masyarakat bertanya yang langsung disiarkan oleh TV One dan TVRI Sumsel pada saat debat yaitu tanggal 21 Juni 2018.  (ard)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.