Banner pemprov Sumsel Vaksin
Muba vaksin maret 2021

Wamendag: Isu TKDN Penting untuk Tingkatkan Kapasitas Industri Dalam Negeri

Jakarta,koranindonesia.id-Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengungkapkan salah satu isu krusial yang disoroti saat ini adalah Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). Isu ini dianggap penting untuk mendongkak kapasitas industri nasional serta mengurangi impor.

Hal ini dikatakannya saat memimpin rapat pleno menjelang putaran ke-10 Perundingan Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (I-EU CEPA) yang digelar baru-baru ini secara daring.

“Isu TKDN cukup penting di tengah keinginan Indonesia meningkatkan kapasitas industri dalam negeri. TKDN sangat berperan bagi industri dalam negeri mengingat potensi pasar Indonesia sangat besar. Para pelaku usaha tidak hanya berencana mempertahankan, tapi juga meningkatkan TKDN,” urai Wamendag Jerry dalam keterangan tertulisnya, Jumat (5/2/2021).

Menurut Wamendag kebijakan TKDN merupakan kebijakan afirmasi bagi industri Indonesia. Dengan memberi kesempatan industri dalam negeri untuk menikmati pasar dalam negeri, diharapkan kapasitas industri dalam negeri dapat meningkat.

Dia Optimistis kebijakan perdagangan bisa menjadi instrumen untuk mendongkrak kemampuan produsen dalam negeri.

“Sektor hulu dan hilir merupakan kesatuan yang tidak terpisahkan dalam struktur ekonomi sebuah negara. Oleh karena itu, kebijakan yang terintegrasi menjadi sesuatu yang tidak bisa ditawar,” jelas Jerry.

Turut mendampingi Wamendag yaitu Plt. Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kasan dan Direktur Perundingan Bilateral Made Marthini.

Sejumlah isu krusial yang berurusan dengan kewenangan lintas kementerian diupayakan titik temunya dalam rapat pleno lintas kementerian/lembaga tersebut.(YDR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.