Banner Pemprov 2020
Banner september

Waka Komisi X DPR RI Bilang Begini Soal Pembelajaran Berbasis Digital

JAKARTA, koranindonesia.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memperkirakan akan terus menggunakan teknologi digital untuk pembelajaran berbasis teknologi digital oleh satuan pendidikan paska pandemi.

Wakil Ketua (Waka) Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian, mengatakan perlu adanya data yang lebih mendalam terkait pembelajaran jarak jauh.

“Apakah Kemendikbud sudah mengantongi data berapa banyak kabupaten/kota yang sudah memiliki akses internet memadai? Berapa sekolah yang telah memiliki perangkat TIK yang cukup? Berapa siswa yang kesulitan mengakses konten-konten daring?,” tutur Hetifah dalam keterangan tertulisnya, Minggu (2/8/2020).

“Data ini semua mutlak harus ada untuk membantu perencanaan program-program pendidikan ke depan. Bisa ditambahkan ke dalam Dapodik,” sambungnya.

Hetifah juga menanyakan terkait saran komisi X untuk memberikan gawai negeri bagi para siswa dan guru yang membutuhkan.

“Bagaimana pendapat Kemendikbud akan saran tersebut, apakah akan dilaksanakan? Jika ya, saya berharap sekali bahwa proses produksinya dilakukan di dalam negeri, jadi kita tidak semata-mata langsung impor,” tegasnya..

Selain itu, Kemendikbud juga sempat menyatakan pihaknya telah melakukan dan selesai mengolah 2 survey terkait pembelajaran jarak jauh. Survey pertama dilakukan dengan responden guru dan kepala sekolah, sementara survey kedua dilakukan kepada siswa dan orangtua.

Terkait hal tersebut, Hetifah berharap Kemendikbud juga melaksanakan survey yang lebih mendalam. Ia menyarankab agar Kemendikbud perlu memetakan kendala-kendala apa yang mereka hadapi dalam mendampingi anak-anaknya, dan bantuan seperti apa yang mereka harapkan dari pemerintah.

“Sampel responden orangtua harus mewakili seluruh kelompok masyarakat dari tingkat sosial dan ekonomi yang berbeda. Program-program terkait parenting yang sudah dibuat Kemendikbud juga harus dievaluasi, berapa orang yang sudah memanfaatkannya dan kalau bisa ada umpan baliknya.” pungkasnya.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.