Banner sumsel

Wagub Imbau Masyarakat yang Belum Miliki KTP-el, Segera Rekam-Cetak Sebelum Pemilu

PALEMBANG, koranindonesia.id – Wakil Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Mawardi Yahya memuji kepemimpinan Plt Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Septiana Zuraida, yang telah menginisiasi kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Kebijakan dan Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan 2019 di Hotel Swarna Dwipa, Palembang, Kamis (5/4/2019).

Menurut Mawardi, sosialisasi yang mengusung tema “Melalui Percepatan Penerbitan KTP elektronik, Kita Sukseskan Pemilu 2019“ ini merupakan langkah-langkah pelayanan menjemput bola bagi masyarakat yang belum melakukan perekaman dan pencetakan KTP- el. Untuk diketahui, sebanyak 8.217.551 jiwa dan yang wajib memiliki KTP-el sebanyak 5.831.215 jiwa sedangkan masyarakat yang sudah memiliki KTP-el sampai dengan Bulan Januari 2019 sebanyak 5.743.995 jiwa (98,50%) dan yang belum memiliki KTP-el sebanyak (1,50%).

“Saat menghadapi pemilihan umum baik itu pemilihan legislatif (pileg) maupun pemilihan presiden (pilpres), ini harus kita benahi dan harus disepakati karena  nantinya bagian dari dukcapil selalu menjadi terpojok setiap kali ada pileg dan pilpres kalau ada kesalahan pada bagian ktp-el. Karena ini sebagai syarat untuk menggunakan hak suara dalam pemilu nanti,” tuturnya

(FOTO/HUMAS PEMPROV)

Dikatakan Mawardi, seluruh pelaksanaan pilpres dan pileg soal kebijakan-kebijakannya jangan sampai ada versi berbeda-beda. Oleh sebab itu, ia mengimbau seluruh Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota, KPU, Bawaslu Provinsi maupun Kabupaten/Kota, para Asisten Pemerintahan, Kepala Kesbangpol Kab/Kota, Tokoh masyarakat dan Tokoh Agama serta Organisasi Kepemudaan agar bekerjasama mensosialisasikan kepada masyarakat yang dihasilkan dari acara sosialisasi kebijakan terkait penyelenggaraan administrasi kependudukan di wilayah masing-masing.

“Sehingga  masyarakat tergerak secara aktif melakukan perekaman dan penerbitan KTP-el pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Kabupaten/Kota. Masih ada waktu untuk sosialisasi hingga ke kabupaten kota baik itu Dukcapil Sumsel maupun KPU, atas nama Pemprov Sumsel bangga dengan inisiatif Dukcapil Sumsel, yang tidak ada lain untuk pilpres dan pileg berjalan dengan sukses,” katanya

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumsel Septiana Zuraida menambahkan, penyelenggaraan sosialisasi tersebut berdasarkan Keputusan Gubernur Sumsel Nomor 470/0017/KPTS/DISDUKCAPIL/2019 tanggal 20 Februari tahun 2019 tentang pembentukan panitia kegiatan sosialisasi kebijakan penyelenggaraan administrasi kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumsel tahun anggaran 2019. “Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman aparat pelaksana dan masyarakat tentang kebijakan administrasi kependudukan dalam rangka mensukseskan pemilu tahun 2019. Dirjen Dukcapil melalui dukcapil kabupaten/kota telah melakukan jemput bola dengan metode daerah masing-masing,” tambahnya.

(rel)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.