Muba ramadhan
Banner pemprov Sumsel Vaksin

Wagub Ariza Pastikan Anggaran Formula E Tidak Hangus

 

JAKARTA, koranindonesia.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastikan anggaran Formula E yang telah dibayar pihaknya kepada penyelenggara tidak akan hangus meski pelaksanaannya ditunda.

Politisi Gerindra ini mengatakan, anggaran yang dibayar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta disetor secara formal, sesuai peraturan sehingga tidak ada risiko hilang.

Ariza meminta warga DKI Jakarta  tidak mengkhawatirkan hal  itu. Sudah ada jaminan keamanan atas  anggaran tersebut. “Tentu uangnya masih aman,” kata Ariza di Jakarta, Jumat (19/3/2021).

Badan Pemeriksa Keua ngan (BPK) Perwakilan DKI Jakarta mencatat, Pemerintah Provinsi DK Jakarta telah menggelontorkan anggaran yang nyaris mencapai Rp1 triliun untuk membayar commitment fee Formula E. Anggaran itu telah dibayar bertahap oleh Pemerintah Provinsi DKI  Jakarta sejak 2019 lalu.

Pada 2019 Pemerintah Provinsi DKI Jakarta  membayar Rp360 miliar. Kemudian pada 2020 kembali dilakukan pembayaran sebesar Rp200,3 miliar.  Lalu, Bank Garansi yang dibayarkan senilai Rp423 miliar.

“Pembayaran  diserahkan secara resmi formal dan sudah diterima oleh pihak-pihak terkait yang bertanggung jawab sesuai peraturannya,” tutur Ariza.

Ajang balap mobil bebas emisi yang sedianya dilangsungkan di kawasan Monas, Jakarta Pusat pada 6 Juni 2020. Formula E urung terlaksana lantaran pandemi Covid-19.

Penundaan Formula E tertuang dalam surat Gubernur DKI Nomor 117/-1.857.73. Surat ini ditujukan kepada Organizing Committee Jakarta E-Prix tanggal 9 Maret 2020. Tidak disebutkan batas waktu penundaan gelaran ajang ini.

Ariza memastikan, pihaknya sudah berencana menggelar balap Formula  E pada 2022 mendatang. Sekarang  ini pihaknya masih melakukan berbagai kajian, sehingga belum ditentukan waktu yang tepat menghelat pertunjukan itu pada tahun depan.

“Terkait formula E seperti yang sudah kami sampaikan karena masa Pandemi Covid di 2020 dan 2021 tidak dimungkinkan kita sudah memutuskan bersama pihak-pihak terkait  kita akan laksanakan di tahun 2022,” ucapnya.

Ariza pun berharap pandemi Covid-19 yang melanda Jakarta segera berakhir agar balap Formula E bisa dilaksanakan sesuai rencana yang telah disusun.

“Mudah-mudahan di tahun itu suasananya sudah berbeda pandeminya setdaknya sudah hilang syukur-syukur sudah hilang paling tidak berkurang secara drastis,” tuntasnya.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.