Banner sumsel

WA Bupati dan Sekda Lahat di Hack

LAHAT,KoranIndonesia.id— Whats App (WA) Bupati Lahat Cik Ujang SH dan Sekda Lahat Januarsyah Hambali SH di hack pelaku penipuan. Hal ini terkuak setelah pelaku berusaha membujuk para pejabat lain agar meminta sejumlah uang. Beberapa pejabat, Forkopimda dan rekanan bupati serta sekda mengkonfirmasi kebenaran isi pesan WA yang diminta pelaku ke bagian protokol Setda Lahat.
Setelah ditelusuri ternyata hal tersebut merupakan penipuan yang mengatasnamakan dua pejabat tersebut.
Sekda Lahat H Januarsyah SH dikonfirmasi membenarkan adanya penipuan mengatasnamakan dirinya.
“Ya memang WA kami di hack oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, minta sejumlah duit dengan beberapa kawan dan sahabat, tapi bisa digagalkan. Kami cepat konfirmasi melalui Kabag Protokol dan konfirmasi langsung Alhamdulillah niat jahat orang tersebut dapat dicegah,” beber Sekda Jumat (5/2019)
Kapolres Lahat AKBP Ferry Harahap S.Ik membenarkan adanya aksi penipuan oleh hacker tersebut. Dirinya juga sempat dimintai sejumlah uang. “Anggota cyber Polres Lahat saat ini masih melakukan penyelidikan atas aksi penipuan tersebut,” ungkapnya.
Ditambahkannya aksi penipuan seperti ini memang sering terjadi. Apalagi bila ada pejabat baru ataupub momen tertentu. “Saya juga pernah di hack,” ungkapnya. Modus yang dilakukan biasanya meminta kode tertentu melalui beragam cara ke pemilil akun WA yang asli. Selanjutnya bila telah didapat pelaku langsung mengcopinya dan mulai melancarkan aksinya. “Jadi masyarakat juga harus lebih waspada dan teliti, bila perlu langsung menghubungi orang yang bersangkutan maupun orang yang terdekat untuk mengetahui kebenaran pesan yang disampaikan,” tukasnya.
Salah satu yang menerima pesan tersebut adalah Kakanmenag Kabupaten Lahat, H. Rusidi Djafar. Diketahui bahwa ia mendapat pesan dari hacker sekitar pukul 16.15 WIB.  Mendapat pesan tersebut Kakanmenag yang mengetahui akun whatsapp tersebut telah di-hack, segera menginformasikan lewat akun Facebook miliknya.
“No.wa pak Sekda kena.heck (Salah satunya sy hampir jd korbannya) oleh oknum yg minta2 uang an.wa.pak Sekda pd sy & stelah sy konfirmasi langsung ke pak sekda ternyata itu ulah oknum, kpd Teman fb sy ingatkn mari kita sm hati2 jg se andai nya ad oknum yg mungkin sj meng atas namakan wa/ fb/ atau pun aplikasi lain yg meng atas namakn sy(Rusidi Dja’far) lalu meminta uang,ataupun mungkin meng uploude gambar2 poto,vidio yg tdk pantas,mk untuk di maklumi & di pastikan itu bukan dari saya.DUM & Tks,”tulisnya melalui akum facebook. (Sfr)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.