Banner sumsel

Virus MR Sebabkan Keguguran dan Kecacatan pada Bayi

PALEMBANG, koranindonesia.id – Virus Meales Rubella (MR) merupakan virus yang sangat berbahaya, terutama jika terjangkit pada ibu hamil. Betapa tidak, virus ini dapat menyebabkan keguguran dan kecacatan pada si jabang bayi.

“Ya, kalau ibu-ibu terjangkit virus ini terutama diusia kandungan tiga bulan dapat mengakibatkan keguguran atau anak lahir cacat yang dinamakan Congenital Rubella Syndrom (CRS) seperti cacat jantung, katarak, tuli dan gangguan perkembangan mental,” kata Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Sumatra Selatan (Sumsel) Yusri, Senin (1/10/2018).

Ia menerangkan, penularan virus ini sendiri melalui udara seperti pada saat berbicara dan lain sebagainya. Sehingga, penularannya sangat cepat. Ciri-ciri, orang yang terjangkit yaitu mengalami demam. Kemudian, timbul bintik merah.

Jika orang sudah terjangkit virus ini, maka tidak ada obat yang dapat menghilangkan virus tersebut. Karena itu, salah satu upaya paling efektif untuk mencegah penularan itu yakni, dengan melakukan imunisasi MR.

“Dengan dilakukannya imunisasi maka dapat memberikan kekebalan terhadap virus tersebut. Karena itu, kami berharap semua anak dilakukan imunisasi MR ini, jangan takut karena virus ini sangat berbahaya bila tidak ditangani segera,” kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Umum MUI Sumsel KH Ayiek Farid sempat mengatakan jika sebagai perwakilan MUI di daerah, tentu pihaknya menaati dan mengikuti fatwa yang dikeluarkan MUI pusat tentang penggunaan vaksin MR.

Dijelaskannya, memang dalam kandungan vaksin MR tersebut terkandung kandungan babi dan sel manusia sehingga haram untuk dilakukan.

Namun, jika kondisi darurat vaksin ini diperbolehkan untuk digunakan. Artinya, kalau memang mendesak vaksin ini boleh digunakan sebelum adanya vaksin lain.

“Sejauh inikan para ahli kedokteran dan farmasi belum menemukan pengganti dari vaksin tersebut, sedangkan saat ini imunisasi sudah sangat mendesak karena jika terkena virus maka dapat menyebabkan meninggal dunia. Jadi vaksin MR ini dapat digunakan,” tukasnya.

(ram)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.