USBN Tentukan Nilai Kelulusan Siswa sampai 60 Persen

PALEMBANG,koranindonesia.id –Ujian Sekolah Berbasis Nasional merupakan penentu kelulusan siswa dengan nilai 60 persen penilaian dari presentase kelulusan pelajar tersebut. Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kota Palembang Herman Wijaya mengatakan, USBN ini menentukan hasil kelulusan siswa, yaitu 60 persen dari nilai USBN dan 40 persen dari nilai kesehariannya.

“Penentu kelulusan ditentukan masing-masing sekolah melalui USBN. Karena pihak sekolahlah yang tau rangking dan prestasi siswa,” tegasnya

Senada, Kepala SMPN 9 Palembang Hastia mengatakan, pihaknya sudah diberikan arahan bahwa penentu kelulusan sekolah siswa dari nilai USBN.

“Alhamdulillah sebelum melaksanakan ujian sekolah, semua siswa sudah kita berikan arahan,” kata Hastia kepada pers.

Meski ada siswanya yang sudah lulus di SMAN 17 Palembang dan SMAN 1 Palembang melalui jalur PMPA, tapi pihaknya tetap menekankan kepada siswa untuk tetap memprioritaskan USBN.

“Dan kami menekankan kepada siswa bahwa ini menentukan kelulusan. Persiapannya juga ada pelajaran tambahan kepada siswa,” terangnya.

Dikatakannya, ada 7 mata pelajaran yang di USBN kan, yakni Agama, Bahasa Indonedia, PKN, IPA, Matematika, IPS dan Bahasa Inggris. “Hari ini mata pelajaran Agama dan Bahasa Indonesia, dimana untuk mata pelajaran Agama, ada agama Islam, Kristen dan Hindu,” tuturnya.

Terpisah, Kepala SMPN 40 Palembang Wahyuni mengatakan, saat ini persiapan USBN sendiri sudah sangat matang. Sebelum diadakan USBN, pihaknya meminta siswa kelas 9 mengikuti pelajaran tambahan dan ada try out nya.

“Kita melakukan itu untuk menjadikan lulusan alumni SMP Negeri 40 Palembang, dapat menggapai cita-cita nya masuk ke SMA/SMK Negeri dan mendapatkan hasil yang memuaskan,” pungkasnya.

Untuk diketahui mulai Senin (16/4) siswa SMP melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN). (Sen)

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.