Banner sumsel

UNBK, Ribuan Siswa Kelas XII Terpaku Tatap Komputer

PALEMBANG, koranindonesia.id – Ribuan pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kelas XII  di Sumsel konsentrasi menatap layar komputer dan laptop untuk menjawab naskah soal ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Pantauan, suasana senyap terasa di SMKN 3 Palembang, tampak siswa kelasXII tengah konsentrasi menjawab soal ujian Bahasa Indonesia, Senin (2/4). Bahkan area ujian tersebut terbatas untuk dimasuki, bahkan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumatera Selatan (Sumsel) Widodo pun hanya bisa melihat sesaat sebelum waktu ujian berjalan.

Kepala SMKN 3 Palembang Hernawati mengatakan, seperti tahun sebelumnya pihaknya melaksanakan UNBK dengan tiga sesi yang disesuaikan dengan rasio perbandingan siswa dan perangkat yang dimilikinya.

“Sama seperti sebelumnya, kita ada 200 unit komputer, lima server utama dan dua cadangan untuk lima ruang ujian dengan lima proktor dan lima teknisi serta beberapa pengawas silang,” ujarnya.

Sementara total peserta ujiannya sendiri ada 561 orang, di mana ada dua SMK yang menginduk untuk ujian di sini. “Pelajar kita ada 509 orang, SMK Muhammadiyah 4 ada 15 siswa dan SMK Penerbangan 37 siswa,” terangnya.

Selain itu, ia menambahkan, untuk mencegah adanya chaos saat ujian berlangsung pihaknya telah menyiapkan mesin genset dan meminta pihak penyedia jaringan untuk menstabilkan jaringan internet di sekolah selama ujian berlangsung.

“Alhamdulilah sejauh ini tidak ada kendala. Bahkan kalau ada masalah teknis, kita sudah menyiapkan penganggulangannya,” tukasnya.

Sementara Kadisdik Sumsel Widodo mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum menerima laporan apapun mengenai kendala selama ujian berlangsung. “Kita sudah beberapa kali melakukan simulasi. Jadi kalau bencana tersebut bukan kategori darurat, maka kita sudah punya jalan keluarnya,” pungkasnya. (Sen)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.