Banner Pemprov Agustus

Tunjukkan Komitmen Terhadap UMKM, Indonesia-Kanada Tandatangani Memorandum Pengembangan Ekspor

Jakarta,koranindonesia.id- Indonesia dan Kanada tingkatkan dukungan terhadap UMKM khususnya yang dimiliki atau dipimpin oleh pelaku usaha wanita melalui penandatanganan Memorandum Saling Pengertian mengenai Pengembangan Ekspor antara Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan Indonesia dan Trade Facilitation Office Canada (18/08/2020). Memorandum ini ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kemendag, Kasan dan Direktur Eksekutif Trade Facilitation Office, Steven Tipman.

Memorandum tersebut akan menjadi dasar untuk memfasilitasi kerja sama di bidang pengembangan ekspor terutama mendukung promosi ekspor produk dan jasa Indonesia yang dimiliki oleh pengusaha wanita ke Kanada. Penandanganan memorandum tersebut juga merupakan bentuk upaya secara terus-menerus oleh kedua negara dalam mencari berbagai peluang guna meningkatkan hubungan perdagangan bilateral Indonesia dan Kanada sekaligus memastikan aktvitas perdagangan dan pertumbuhan ekonomi yang dihasilkan bersifat inklusif bagi seluruh kalangan, termasuk wanita. Oleh karenanya, kedua pihak berharap agar implementasi dari memorandum dimaksud dapat membantu memperbaiki kemampuan dan daya saing para pelaku usaha Indonesia untuk dapat lebih baik mengakses pasar Kanada.

Duta Besar Indonesia untuk Kanada, Abdul Kadir Jailani menyampaikan harapannya agar Memorandum tersebut akan menjadi fondasi dari berbagai pengembangan kerja sama bilateral antara kedua negara kedepannya, termasuk kemungkinan pembentukan sebuah Perjanjian Kerja Sama Perdagangan Bebas antara Indonesia dan Kanada, baik di tingkat bilateral atau pun regional dengan ASEAN. Sejak tahun 2017, ASEAN dan Kanada telah memulai pembahasan mengenai kemungkinan pembentukan sebuah ASEAN-Canada Free Trade Agreement dalam waktu mendatang. (kemlu)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.