Banner sumsel

Travelling! Tips Hemat Ala Mahasiswa 

PALEMBANG, koranindonesia.id – Salam Mahasiswa, saat liburan semester salah satu hal yang sangat di tunggu-tunggukan.  Kamu pasti ingin menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi sanak saudara, jalan – jalan, traveling, atau hal menarik lainnya. Sebagai seorang mahasiswa tentunya harus lebih pintar dalam  mengatur keuangan. Ada beberapa tips yang cukup efektif yang dapat kamu coba untuk menekan pengeluaran liburan sehingga tidak bikin kantong kalian kering,  yang dilansir dari laman ruangmahasiswa.com.
Tentukan Tempat Tujuan Liburan, Sebagai mahasiswa, kita pastinya harus tahu apa yang menjadi tujuan dan kegiatan yang akan kita lakukan di musim liburan nanti. Menentukan tempat tujuan pastinya menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan, bila perlu jauh sebelum musim liburan tiba. Hal ini akan menjadi pusat atau prioritas kita, sehingga  perhatian kita akan lebih terarah dan dapat melakukan prepare yang lebih baik. Pilihlah tempat tujuan yang tepat, sesuai dengan keinginan sobat sekalian dan yang pasti sesuai dengan isi kantong sobat sekalian juga hehe…
Menabung, Setelah tahu apa dan ke mana target liburan sobat mahasiswa sekalian, pilihan untuk menabung merupakan hal yang tepat untuk dilakukan. Mulailah untuk menyisihkan uang bulanan dan mengurangi pengeluaran. Ya.. belajar untuk memanajemen keuangan tentunya tidaklah hal yang terlalu sulit bukan, apalagi untuk liburan yang telah lama kita dambakan. Sobat mahasiswa dapat membeli sebuah celengan, mengikuti arisan ala mahasiswa, atau membuat tabungan dengan teman dekat/kuliah sebagai wujud nyatanya.
Mencari Tiket Promo atau Memesan Jauh Hari, Bagi sobat mahasiswa yang ingin berlibur ke luar kota atau mungkin ke luar negeri memesan tiket jauh – jauh hari merupakan pilihan yang tepat. Carilah tiket yang harganya relatif murah, dan yang pasti sesuai dengan budget yang telah sobat mahasiswa tentukan. Tiket promo  pastinya juga akan sangat membantu sobat mahasiswa terutama di bagian dana.
Manfaatkan Relasi, Tempat penginapan tentunya juga hal yang sangat penting bila ingin berlibur ke tempat yang relatif jauh. Carilah tempat penginapan murah dan nyaman yang sesuai dengan kantong sobat mahasiswa. Bila perlu manfaatkan relasi seperti keluarga, sahabat atau siapa pun relasi yang ada. Hal ini tentunya akan sangat membantu sobat mahasiswa untuk menekan budget yang ada. Carilah relasi yang dekat dari tempat tujuan liburan sobat mahasiswa, sehingga penginapan, uang makan dapat di minimalisir. Bahkan sobat mahasiswa juga dapat meminjam kendaraan teman atau keluarga untuk memperkecil uang transportasi.
Jangan di Musim Liburan Umum, Usahakanlah untuk tidak berlibur pada saat libur umum seperti: libur sekolah, Idul Fitri dan lain sebagainya, karena tempat – tempat wisata akan cenderung ramai, harga transportasi dan uang masuk akan naik. Hal ini tentunya akan sedikit mengganggu sobat mahasiswa dalam menikmati destinasi wisatanya. Nah, beruntungnya, libur semester anak kuliah tidak bersamaan dengan liburan semester anak sekolah pada umumnya. Jadi sobat mahasiswa cukup terbantu dong
Membuat Daftar Oleh – Oleh, tentunya hal yang dekat dengan yang namanya liburan. Buatlah daftar oleh – oleh yang akan kita beli dan daftar orang yang akan kita bawakan oleh-oleh. Hal ini tentunya akan membantu untuk menyesuaikan budget yang kita miliki.
Siapa bilang mahasiswa sulit untuk liburan? Bisa kok, yang penting tahu tips-tips liburan yang bikin isi kantong aman. Semoga bermanfaat (nnn)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.