Banner sumsel

Tol Palembang – TAA Bakal Habiskan Dana Rp10 Triliun

PALEMBANG, koranindonesia.id – Pemerintah pusat akan kembali membangun tol di Sumatra Selatan (Sumsel). Tol ini nantinya akan menghubungkan Palembang – Tanjung Api-Api (TAA) atau ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sumsel.

Manager Proyek PT Hutama Karya, Hasan Turcahyo mengatakan, pembangunan tol Palembang-TAA saat ini masih menunggu penetapan lokasi pembebasan lahan dari Kementrian PU.

Jika nantinya telah ditetapkan, maka semua akan diserahkan ke pihaknya untuk melakukan pengerjaan pembangunan.

Mega proyek ini sendiri nantinya ditarget selesai dalam jangka waktu tiga tahun dengan dana diprediksi Rp9 triliun hingga Rp10 triliun.

“Nantinya tol ini akan terhubung ke KEK, pelabuhan, dan bisa juga terhubung dengan Tol Palembang-Jambi,” katanya saat dihubungi, Minggu (10/2/2019).

Pembangunan mega proyek ini sendiri, semula sepanjang 90 kilometer. Namun, dilakukan penyesuaian sehingga menjadi 69,8 kilometer dengan lebar ruang milik jalan (Rumija) sebesar 60 meter.

Pengerjaannya nanti akan dibagi menjadi tiga seksi yakni ruas Musi Landas – Gasing sepanjang 13,029 kilometer. Seksi II ruas Gasing Telang sepanjang 20,299 kilometer dan Seksi III ruas Telang – Tanjung Api-Api sepanjang 36,466 kilometer.

Untuk teknologi yang akan digunakan, ia mengaku belum dapat memastikannya karena masih menunggu perencanaan teknik akhir terlebih dahulu.

“Kami harap setelah ditetapkan lokasi, masyarakat yang terdampak mudah untuk melepaskan tanah milik mereka untuk pembangunan jalan tol ini,” tutupnya.
(ram)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.