Banner sumsel

Titik Api Terpantau di Lahat, Kawasan Hutan Rentan Terbakar

LAHAT, koranindonesia.Id- Kebakaran hutan, lahan dan kebun (Karhutlabun) terjadi dibeberapa lokasi di Kabupaten Lahat. Seperti di kawasan Bukit Besak, Kecamatan Merapi Selatan, Gumay Ulu dan beberapa lokasi lainnya.

Kadaops Manggala Agni Lahat, Chandra Irfansyah menjelaskan untuk kabupaten Lahat, Rabu (3/10/2018) sekitar pukul 05.30 WIB clear tidak terpantau hotspot. Namun hingga Rabu siang ada beberapa kawasan yang terbakar diantara di Pematang Tiung, dan Gumay Ulu.

Sementara Selasa (2/10/2018) terpantau di Kecamatan Pajar Bulan dan sudah dilakukan groundcheck kondisinya padam. Untun Kebakaran di Gumay Ulu, tim masih berusaha memadamkan api.

Dalam upaya pencegahan dan penanganan untuk wilayah Kabupaten Lahat dibentuk 4 Posko Patroli Terpadu yaitu, di Desa Tanjung Raja Kecamatan Gumay Ulu, Desa Keban Agung Kecamatan Kikim Selatan, Desa Arahan Kecamatan Merapi Timur, Desa Kota Agung Kecamatan Kota Agung.

“Posko patroli terpadu tersebut terdiri dari Manggala Agni, TNI, Polri dan masyarakat,” ujar Kadaops Manggala Agni Lahat Chandra Irfansyah S.Hut didampingi Kour Pencegahan Andi Setiawan SH, Rabu (3/10/2018).

Dikatakannya, posko terpadu tugasnya untuk memantau kondisi di lapangan dan melakukan tindakan dini apabila ditemukan kebakaran.

Sementara untuk kendala di Lahat, lanjutnya topografi yang merupakan perbukitan menyulitkan dalam mobilisasi peralatan. Lalu sulitnya sumber air di lokasi kebakaran. “Untuk kebakaran yang meluas memang perlu waterbombing,” ucapnya.

Kemudian untuk penanganan kebakaran, pihaknya tetap berkoordinasi dengan pihak terkait seperti BKDSA dan Dinas Kehutanan. “Sementara untuk kemarau, dari informasi BMKG sampai akhir Oktober curah hujan masih kurang karena adanya pengaruh Elnino meski hanya sedikit tidak seperti 2015,” tukasnya.

Kepala BPBD Lahat, Marjono menambahkan untuk hari ini belum terpantau Hotspot. Namun pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak terkait bila ada kebakaran. (sft)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.