Pemprov Ramadhan
Banner april lebaran

Tips Sederhana Menenangkan Diri

JAKARTA,koranindononesia.id-–Pernah kalian merasa stress yang berlebih? Entah itu karena pekerjaan, lingkungan pergaulan kita, atau bahkan karena kecewa akan sesuatu, atau bahkan kita tidak tau apa yang menjadi penyebabnya tiba-tiba saja hati menjadi tidak tenang dan pikiran menjadi kacau.

Perlu diketahui, saat kita merasa stres berlebih atau pikiran kita sangat kacau, hal itu karena tubuh sedang menunjukkan respon tertentu dan sedang melepaskan hormon yang disebut dengan hormon kortisol yang mempercepat detak jantung kita dan membuat kita bernapas lebih cepat dan kacau.

Jangan sampai kondisi stress tersebut membuat kegelisahan yang memberikan dampak negatif bagi diri kita ya. Bila sudah dikondisi tersebut, maka yang perlu kita lakukan adalah menenangkan hati dan pikiran. Karena dengan menenangkan keduanya, saat itulah sistem peredaran darah di tubuh kita, pernafasan, dan juga syaraf kita akan terkontrol dan tenang juga. Kali ini penulis akan membagi tips dan trik sederhana untuk mengurangi stress berlebih serta menenangkan hati yang kacau tersebut.

  1. Buatlah tubuh anda serileks mungkin, tarik nafas dalam-dalam lalu hembuskan perlahan. Setelah itu berdirilah dan lakukan peregangan pada otot anda. peregangan sederhana dianggap ampuh dalam menghilangkan stress.
  2. Jauhkan diri anda dari barang elektronik yang anda biasa gunakan misalnya, komputer, laptop dan juga handphone lalu usahakan untuk sejenak tidur. Bila malam hari mungkin anda bisa tidur lebih awal dengan melupakan semua persoalan yang mengganggu tersebut.
  3. Mendengarkan musik yang lembut. Alunan musik yang lembut mampu membuat diri kita merasa sedikit lebih baik dan mendengarkan musik juga terbukti dapat membuatmu lebih rileks.
  4. Melakukan aktivitas yang anda sukai. Sekalipun aktivitas tersebut memerlukan biaya, bila itu mampu membuat hati anda merasa baik maka kita wajib melakukannya.
  5. Membaca buku yang kita sukai. Sebuah studi pada tahun 2009 yang dilakukan oleh University of Sussex menemukan, membaca dapat mengurangi stres sampai dengan 68 persen. Karena saat membaca kita pasti fokus untuk mencerna dan memahami isi buku tersebut, sehingga pikiran kita akan teralih dari permasalahan yang membuat kita stress.

Itulah tips sederhana untuk mengatasi stres dan juga menenangkan diri. Jangan sampai aktivitas kita terganggu. Akan tetapi bila stres yang kita alami sangat mengganggu aktivitas maka tidak ada salahnya dan sungkan untuk berkonsultasi pada psikolog atau dokter. (tan)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.