Banner sumsel

Tips Sederhana Membersihkan Perhiasan Agar Tetap Terlihat Berkilau

PALEMBANG, koranindonesia.id — Perhiasan bagi perempuan salah satu aksesori yang menunjang kecantikan dan kepercayaan diri. Perhiasan yang digunakan bertahun-tahun, biasanya kilauan pada perhiasan tersebut akan memudar karena diakibatkan oleh seringnya benda berharga tersebut terkena debu, bergesekan dengan kulit, atau tersimpan begitu saja di dalam kotak perhiasan.Namun, jika tidak dirawat maka perhiasan pun akan terlihat kusam oleh sebab itu perlu perawatan tertentu agar perhiasaan emas atau berlian selalu terlihat berkilau. Berikut ini beberapa tips sederhana dan dapat dilakukan kapan saja agar perhiasan anda kembali berkilau, seperti dikutip dari laman Daily Mail antara lain yaitu:

  1. Bir, menurut Ben Vasler salah satu penulis di majalah Chemistry World, kandungan alkohol yang terdapat dalam bir dapat menghilangkan semua jenis minyak dan lemak yang melekat pada emas. Tidak hanya itu, kandungan gas karbon dioksida yang terdapat dalam kaleng atau botol bir juga dapat mengangkat partikel-partikel kotoran. Cara membersihkan anting-anting dengan menggunakan bir kaleng cukup sederhana. Tuangkan cairan bir ke dalam sebuah wadah lalu masukkan perhiasan ke dalamnya. Gosok, kemudian lap dengan menggunakan kain kering yang bersih. Hasilnya, Anda akan memiliki anting berkilau yang terlihat seperti baru kembali.
  2. Pasta Gigi, pasta gigi mengandung bahan kimia yang dapat mengubah tekanan pada permukaan cairan. Menurut Ben Vasler, odol mengangkat kotoran yang melekat pada permata– di cincin atau kalung. Namun, pria itu juga mengingatkan untuk berhati-hati saat menggosok permukaan permata. Jika perekat batu cincin menggunakan lem, hindari menggosoknya terlalu keras, karena dapat melonggarkan posisi permata cincin. Caranya, oleskan odol pada gosok gigi permukaan lembut, kemudian gosok pada batu cincin selama lebih kurang tiga menit. Kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Hasilnya, permata akan terlihat lebih berkilau.
  3. Vodka, tingginya kandungan alkohol dalam vodka dapat menghilangkan debu dan lemak — yang membuat berlian terlihat kusam. Anda bisa menggunakan vodka untuk membersihkan berlian, rubi, safir, dan jenishard stone lainnya. “Jangan gunakan vodka untuk membersihkan mutiara, karena bisa merusak. Kalau tidak ada vodka, gin juga bisa digunakan,” kata Ben. Tuangkan vodka atau gin pada sebuah gelas, kemudian masukkan berlian ke dalamnya. Aduk dan kemudian diamkan selama lebih kurang 5 menit. Setelah itu Anda akan mendapatkan berlian yang berkilau.
  4. Saus Tomat, kombinasi cuka dan tomat dalam saus tomat membuat penyedap makanan itu mengandung zat asam yang tinggi. Kandungan tersebut sangat bagus digunakan untung menghilangkan noda pada perhiasan perak. “Noda yang terdapat pada perhiasan perak diakibatkan oleh adanya reaksi perak terhadap hidrogen sulfida dalam udara. Selain itu, perak juga gampang berkarat. Menggunakan saus tomat dapat menghilangkan noda karat yang melekat pada perak,” ujar Ben. Masukkan saus tomat ke dalam mangkuk dan kemudian celupkan perhiasan perak Anda ke dalam  cairan tersebut. Setelah 10 menit angkat dan basuh dengan air dingin.
  5. Pembersih Kaca, pada umumnya, pembersih kaca mengandung alkohol atau asam yang berfungsi seperti cuka. Cairan pembersih ini juga bisa digunakan untuk membersihkan batu rubi — sama halnya dengan vodka dan gin, atau saus tomat. “Tapi harus berhati-hati, cairan pembersih itu biasanya mengandung zat kimia yang lebih keras. Jadi sebaiknya gunakan pembersih kaca hanya untuk batu cincin sejenis rubi,”.
  6. Sampo, karena bentuknya yang bulat dan adanya jarak antara satu biji mutiara ke mutiara lainnya dalam rangkaian kalung, debu dan kotoran dengan mudah dapat menyelip di sela-sela perhiasan tersebut. Menurut Ben Vasler, menggunakan sampo dapat mengembalikan kemilau dan kebersihan kalung atau pun gelang mutiara. “Sampo mengandung zat yang disebut dengan sodium laureth.Jika Anda campurkan dengan beberapa tetes air, bahan pencuci rambut itu dapat menghilangkan kotoran pada mutiara,” ujar penulis majalah kimia itu. Tuangkan sampo ke dalam wadah berisikan air hangat, kemudian aduk hingga menimbulkan busa. Setelah itu gunakan kuas untuk memoleskan busa sampo pada mutiara. Bilas dengan air dingin dan keringkan menggunakan kain bersih. Mutiara Anda akan terlihat seperti baru kembali.
  7. Sparkling Water, soda yang terkandung dalam sparkling water mengandung larutan CO2 yang menghasilkan asam dan gelembung. Menurut keterangan Ben, gelembung yang dihasilkan soda juga sangat berguna. Gelembung tersebut berasal dari nukleasi — proses kristalisasi yang terjadi akibat pemisahan zat pelarut dan penurunan suhu larutan. “Pembersihan cincin terkadang bisa sangat sulit. Namun dengan menggunakan soda sparkling water,gelembung yang dihasilkan oleh minuman tersebut dapat mengangkat noda membandel,” kata Ben. Soda akan membuat retakan noda pada cincin yang kemudian akan ‘digosok’ oleh gelembung soda. Cara yang hampir sama dengan yang dilakukan tukang mas.

Tips-tips diatas dapat digunakan untuk membersihkan perhiasan dari emas, kuningan, perak atau nikel. Lakukan dengan rutin, maka perhiasan Anda akan berkilau seperti baru. Selamat mencoba (nnn)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.