Banner sumsel

Cara Menyetrika Jas dengan Mudah dan Benar

PALEMBANG, Koranindonesia.id — Jas merupakan salah satu bentuk pakaian formal. Namun dalam penggunaannya, bukan hanya orang-orang yang bekerja di lingkungan kantor saja yang berhak memakai. Saat ini sudah banyak kegiatan semi formal yang dihadiri mengenakan jas. Kesan berwibawa yang diberikan oleh para pemakai jas membuat jas menjadi pakaian favorit para lelaki eksekutif.

Menyetrika jas terkesan sepele tetapi tahukan anda tidak sedikit pulo orang yang masih melakukan kesalahan besar saat menyetrika jas mereka, entah itu bagian yang seharunya tidak ada garis seterika tetapi justru terlihat atau sebaliknya serta permukaan bahannya ada yang mengkilat. Kesalahan tersebut bias saja terjadi karena kurangnya pemahaman dasar pengetahuan mengenai cara menyeterika jas tentu dengan cara yang tepat. Seperti dilansir dari laman kamini.id menjelaskan menyetrikas jas yang benar sebagai berikut:

Menyiapkan Alat
Sebelum mulai menyetrika, kamu harus menyiapkan alatnya terlebih dahulu. Alat yang kamu perlukan di sini adalah sebuah setrika yang masih berfungsi dengan baik, semprotan yang diisi air yang telah melalui proses penyulingan (jika setrika tidak dilengkapi penyemprot otomatis), papan setrika, dan kain bersih atau sapu tangan berbentuk persegi. Pastikan bagian aluminium setrikamu bersih dari kotoran atau noda. Kotoran dan noda yang ada pada setrika dapat menempel pada jas dan merusak warna dari jasmu. Jadi, usahakan bersihkan setrika jika terdapat noda di bagian penghantar panasnya. Oh ya, biasanya jas terbuat dari bahan wol atau katun yang jika terkena setrika panas dapat meninggalkan endapan pada jas. Maka dari itu, kami sangat menyarankan agar kamu menggunakan kain bersih atau saputangan saat menyetrika agar tidak ada endapan dan tidak cepat hangus. Penggunaan air yang telah disuling juga memiliki manfaat tersendiri. Jika menggunakan air biasa, maka potensi timbulnya endapan yang bisa merusak jas akan lebih besar dibanding menggunakan air yang disuling atau difilter terlebih dulu.

Pastikan Jas dalam Keadaan Bersih
Selain alat menyetrika, kamu juga harus memastikan bahwa jas yang akan kamu setrika juga bebas dari noda atau kotoran. Menyetrika pakaian, baik kemeja, sprei, atau jas yang ada nodanya dapat membuat noda tersebut semakin sulit hilang. Jadi, usahakan untuk membersihkan atau mencuci jas yang terkena noda sebelum menyetrikanya. Selain menggunakan air yang disuling, untuk mendapatkan hasil terbaik dari menyetrika jas adalah dengan membiarkan jasmu terkena uap dan menjadi lembab. Kamu bisa menggantung jasmu di kamar mandi, lalu biarkan jas terkena uap dari air panas yang kamu gunakan saat mandi dengan memakai shower.

Atur Panas Setrika
Jika kamu sudah menyiapkan semua alat dan memastikan jasmu dalam keadaan bersih, kamu bisa mulai menyetrika jasmu. Namun, sebelumnya pastikan kamu sudah mengatur atau menyesuaikan suhu setrika dengan bahan dari jasmu. Untuk jas yang berbahan wol kamu dapat menggunakan suhu rendah sampai medium. Untuk jas berbahan katun dan linen kamu dapat menggunakan suhu dengan tingkatan paling tinggi dan untuk jas berbahan kain sintetis, kamu dapat menggunakan suhu paling rendah. Nah, cari tahulah bahan kain dari jasmu sebelum menyetrika dan sesuaikan suhu panas setrika agar tidak merusak jas. Biasanya bahan kain yang digunakan tercantum di label yang ada pada jas.

Gunakan Metode Pressing
Untuk menyetrika jas, usahakan agar tidak menggunakan cara umum yakni dengan cara menggeserkan setrika pada kain. Menggerakkan setrika dengan cara menggesernya akan meninggalkan noda kilap pada kain. So, gunakanlah metode pressing, yakni dengan cara menekan setrika ke bagian kain yang telah ditutupi oleh saputangan atau kain bersih tadi. Tekan beberapa kali hingga bagian yang disetrika tersebut rapi.

Menyetrika Bagian Punggung
Selanjutnya, kamu bisa mulai menyetrika bagian punggung atau belakang jas. Rapikan terlebih dulu jas agar tidak kusut, kemudian taruh kain bersih atau saputangan di atas bagian yang ingin ditekan menggunakan setrika. Lalu tekan bagian tersebut dengan setrika secara perlahan.

Menyetrika Bagian Depan Jas
Setelah bagian belakang selesai, balikan jas dan mulailah menyetrika bagian depannya. Sama seperti menyetrika bagian belakang, taruh kain di bagian yang kamu ingin setrika, kemudian tekan bagian tersebut dengan setrika dengan perlahan. Hindari menekan jas dengan setrika terlalu keras.

Menyetrika Saku Jas
Sebelum menyetrika bagian saku, pastikan untuk mengeluarkan bagian lapisan saku terlebih dahulu. Lalu setrikalah bagian saku jasmu dengan cara yang sama, yakni ditekan dengan perlahan.

Menyetrika Bagian Kerah
Menyetrika secara perlahan bagian kerah dari jas adalah cara terbaik yang dapat dilakukan agar tidak ada lipatan yang tertinggal pada bagian kerah jas. Jadi, setrikalah bagian kerah dengan perlahan dan hati-hati. Jangan lupa taruh kain bersih di atas bagian kerah juga, ya.

Menyetrika Lengan Jas
Pertama-tama, taruhlah bagian lengan jas di atas papan setrika dan rapikan bagian lengan jas dengan tangan agar tidak kusut. Kemudian, taruh kain bersih yang telah disemprot menggunakan air sulingan, lalu setrikalah lengan jas dengan memulainya dari bagian tengah. Ulangi cara ini pada lengan yang satunya.

Menggantung
Setelah proses menyetrika jas selesai, gantungkanlah jas di dalam lemari dengan menggunakan gantungan yang memiliki ukuran sesuai. Usahakan untuk menggantung jas setelah dalam keadaan dingin sehabis disetrika, ya. Jadi, setelah proses menyetrika selesai, tunggulah beberapa saat lalu gantung jas dengan menggunakan gantungan. Dan, voila! Proses menyetrika jas sudah selesai. semoga bermanfaat (nnn)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.