BANNER Dukung 5m
Banner pemprov Sumsel Vaksin

Tips Menjawab Pertanyaan Interview yang Menjebak

 

SEKALIPUN covid-19 banyak mengubah aspek-aspek kehidupan manusia, mulai banyaknya perusahaan yang gulung tikar atau banyak perusahaan yang mengurangi jumlah karyawannya demi menghemat pengeluaran atau biaya, akan tetapi masih saja ada perusahaan yang membutuhkan karyawan. Mungkin perbedaan dari jaman sebelum pandemi hingga pandemic sekarang  ini, adalah selektifnya perusahaan dalam mencari kandidat yang akan diterima. Pernah ngga sih guys,ketika kalian di undang interview oleh perusahaan yang kalian harapkan, langsung gugup dan penasaran apa saja yang akan di tanyakan oleh hrd? eits, jangan cemas dulu, HRD memang punya banya trik dan pertanyaan untuk menguji kita. perlu dipahami oleh para pejuang-pejuang pekerjaan. Berikut  tips bagaimana menjawab pertanyaan dari HRD tersebut. Yuk, disimak

Pertama, ini nih pertanyaan sederhana namun bisa menjebak yaitu saat kita diminta untuk menceritakan atau menyebutkan apa saja kelebihan yang kita miliki. saat diajukan pertanyaan ini, kalian jangan pernah menjawab dengan jawaban misalnya saya bisa menulis atau mengarang cerpen, pernah juara lomba menyanyi tingkat provinsi atau pernah ikut organisasi kepemudaan di kota saya. kalian harus pahami kalau pertanyaan yang diajukan hrd itu erat kaitannya dengan posisi yang sedang anda lamar. misalnya anda melamar pekerjaan dengan posisi sekretaris misalnya, kalian harus menjawab  dengan kelebihan yang diharapkan oleh hrd terkait dengan posisi kesekretarisan seperti kelebihan menguasai microsoft word, excel dengan baik, mampu mengetik dengan sepuluh jari, dan memiliki human relation skills.

Kedua, pertanyaan sederhana lagi tapi cukup menjebak yaitu saat kita diminta untuk menceritakan kelemahan kita. ingat ya guys, jangan pernah menjawab dengan kalimat sepertinya saya tidak memiliki kelemahan. tips menjawab pertanyaan satu ini adalah jawablah pertanyaan dengan apa adanya. kalian tidak perlu takut saat kalian menceritakan kelemahan kalian, membuat kalian malu ya. ceritakan saja apa adanya kelemahan yang kalian miliki. tetap ya, jawaban yang anda berikan harus sesuai dengan posisi lamaran anda. misalnya diposisi sekretaris kelemahan kalian saat mengetik kalian masih kesulitan membuat kop surat. setelah kalian ceritakan kelemahan anda jangan lupa kalian harus memberi solusi untuk mengatasi kelemahan yang anda miliki itu, dengan jawaban jika anda diberi kesempatan untuk bekerja diposisi tersebut , kalian siap belajar untuk mengembangkan kemampuan dan potensi anda dibidang tersebut.

Ketiga, saat HRD bertanya tentang nominal gaji yang kalian inginkan. Hati-hati dalam menjawab pertanyaan yang satu ini ya guys. Bagi yang sudah memiliki pengalaman kerja kalian bisa menjawab dengan nominal gaji terakhir yang pernah anda miliki, atau kalian bisa naikkan sedikit nominalnya dan bagi yang baru pertama kali bekerja, kalian bisa jawab dengan sesuai dengan ketentuan perusahaan itu atau berdasarkan UMR yang berlaku di kota anda.

itulah tips menjawab pertanyaan yang dianggap sederhana tetapi memberi dampak besar saat kalian interview loh. Semoga  bermanfaat. (tan)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.