Banner Pemprov 2020
3M Muba

Tips Menjaga Stamina Usai Libur Panjang

JAKARTA, koranindonesia.id – Kelelahan setelah masa libur panjang kemarin dirasakan oleh sebagian orang, terutama bagi yang melakukan perjalanan wisata. Perjalanan jauh, macet, dan cuaca buruk membuat stamina tubuh menurun sepulang liburan.

Kondisi ini tentu harus ditanggulangi sebelum melakukan aktivitas rutin di tengah pandemi agar tubuh tak mudah terserang penyakit maupun virus.

Kepala Satgas Nasional Penanganan Covid-19 (#SatgasCovid19) sekaligus Kepala BNPB Doni Monardo mengingatkan stamina dan imunitas tubuh harus terus dijaga, bukan saja selama liburan melainkan juga setelah liburan.

“Cuti kali ini jangan sampai menimbulkan masalah baru (pada kasus Covid-19),” tegasnya dalam Talk Show Potensi Penyebaran Covid-19 Ketika Libur Panjang yang disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia.

Doni melanjutkan, ada 4 hal yang perlu dilakukan untuk mengembalikan stamina. Pertama, konsumsi sayuran. Makanan ini berfungsi sebagai suplemen yang membantu detoksifikasi tubuh.

Kedua, minum air mineral. Konsumsi air mineral sangat penting karena dapat mengeluarkan racun sisa liburan. Racun ini bisa berasal dari beragam konsumsi yang kita makan dan minum semasa liburan.

Ketiga istirahat cukup, berbagai aktivitas yang dilakukan selama liburan seringkali membuat kita jarang beristirahat.

Ditambah lagi perjalanan jauh dan kondisi cuaca kian membuat tubuh lelah. Tidur adalah salah satu jalan keluar terbaik untuk mengistirahatkan tubuh.

“Istirahat yang cukup, makan yang bergizi, tidak boleh panik, harus gembira dan juga minum vitamin,” ujar Doni.

Keempat olahraga usai beristirahat. Istirahat pasca liburan terkadang dilakukan dalam waktu panjang. Sebelum beraktivitas upayakan melakukan sedikit olahraga sebelum beraktivitas kembali.

“Empat langkah ini bisa menjadi cara terbaik mengatasi kelelahan sebelum kembali beraktivitas rutin di tengah pandemi Covid-19.”

Selain itu, #SatgasCovid-19 mengingatkan pada masyarakat untuk tetap disiplin melakukan protokol kesehatan selama beraktivitas. Protokol ini meliputi #ingatpesanibu untuk #pakaimasker#cucitangan pakai sabun, dan #jagajarakhindari kerumunan.

(MT) 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.