Banner Pemprov Agustus

Tips Mengatasi Rasa Takut Jarum Saat Disuntik Vaksin

 

JAKARTA, koranindonesia.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat suntikan dosis kedua vaksin Covid-19 di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (27/1). Program vaksinasi masih terus berlanjut hingga beberapa bulan ke depan. Namun, di tengah program vaksinasi ini, tampaknya masih banyak masyarakat yang takut akan jarum suntik. Bagi sebagian orang jarum suntik adalah benda yang sangat menakutkan.

Namun, Jangan biarkan ketakutan pada jarum suntik membuat Anda tak jadi disuntik vaksin Covid-19. Terdapat sejumlah cara mengatasi rasa takut jarum saat disuntik vaksin.

Berikut cara mengatasi rasa takut jarum suntik saat divaksin.

1. Ubah pemikiran

Tanamkan dalam pikiran bahwa jarum suntik bukanlah hal yang menakutkan. Jarum suntik tak akan melukai Anda. Justru, dengan di suntik vaksin, risiko Anda terkena Covid-19 akan berkurang.

2. Hilangkan rasa takut sakit

Takut akan jarum suntik juga terjadi karena takut sakit. Namun, ingat kembali rasa sakit akan jarum suntik tak bertahan lama. Proses penyuntikan vaksin hanya berlangsung beberapa detik saja dan dilakukan serta diawasi oleh tenaga medis profesional.

3. Tenangkan diri

Coba tenangkan diri saat hendak disuntik vaksin. Tarik napas yang dalam dan biarkan tenaga medis menyuntikkan vaksin ke lengan Anda.

4. Alihkan pikiran

Alihkan pikiran Anda dengan hal-hal lain seperti hal yang menyenangkan untuk beberapa saat. Jangan lihat ke arah jarum suntik karena dapat menambah ketakutan.

5. Pergi bersama keluarga

Ajak orang yang Anda percaya seperti keluarga, teman, atau kekasih untuk menemani vaksin. Kehadiran orang terdekat akan menambah rasa percaya diri Anda saat disuntik vaksin.

(MT) 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.