Banner Pemprov Agustus

Tips Membuat Jurnal Harian Agar Harimu Lebih Produktif

 

JAKARTA, koranindonesia.id – Dimasa pandemi sekarang membuat kita lebih baik beraktifitas dirumah aja.. Bagaimana sih agar tetap produktif meski dirumah aja? Ada banyak cara untuk kita tetap produktif ditengah masa pandemic ini, salah satunya dengan cara menulis jurnal teman-teman..

Dengan menulis jurnal dapat meringankan beban teman-teman lho.. juga dapat membantu kegiatanmu sehari-hari jadi teratur dan disiplin, dan juga sebagai self reminder.

Berikut tips membuat jurnal harian agar harimu lebih produktif..

1. Pilih Buku yang Tepat

Daripada memilih notebook polos termurah dengan kertas tipis yang mudah lecek, saya menyarankan anda untuk berinvestasi sedikit demi sebuah planner tahunan cantik yang cocok untuk anda. When you find the perfect planner, trust me – you will look forward to writing everyday. Ingin rekomendasi untuk merk planner yang lucu dengan layout yang efektif? Anda bisa mengintip koleksi dari Daycraft atau Mossery.

2. Jangan Batasi Isi Jurnal

Siapa bilang jurnal hanya bisa digunakan untuk mencatat deadline atau tanggal penting? Anda bisa mengisi jurnal dengan banyak hal: mulai dari daftar belanja bulanan, daftar serial atau film yang ingin anda tonton di bulan tersebut, ide dan inspirasi yang mendadak muncul, perhitungan pengeluaran, resep makanan yang ingin dicoba, hingga siklus menstruasi. Just get creative!

3. Mulai Kebiasaan Nulis Setiap Pagi

Jika anda sedang menerapkan working from home, journaling bisa menjadi salah satu aktivitas pertama yang anda lakukan di pagi hari jika anda seorang morning person. Setiap pagi, mengecek deadline yang harus dikerjakan hari ini, lalu mencatat apa saja tugas yang sudah diselesaikan serta pembelian. Dilansir dari cosmopolitan.co.id

4. Carilah Tempat Yang Tepat Untuk Menulis Jurnal

Anda perlu menyendiri di tempat yang tenang dan bebas gangguan sebab menulis jurnal adalah saat melakukan refleksi diri. Dengan demikian, Anda bisa merasa rileks, nyaman, dan tidak khawatir akan diganggu selama Anda melakukan refleksi. Tentukan tempat yang paling Anda sukai sambil mempertimbangkan kriteria tersebut lalu tulislah jurnal di tempat yang berbeda sambil memperhatikan apa pengaruhnya terhadap konten jurnal yang Anda tulis.

5. Temukan Sumber Inspirasi

Menulis apa yang Anda rasakan saat ini adalah cara termudah memulai menulis jurnal. Ungkapkan perasaan Anda melalui tulisan dan biarkan ceritanya mengalir begitu saja. Anda bebas menulis jurnal sesuka hati sebab tidak ada aturan yang harus Anda ikuti dan setiap kali mulai menulis, mungkin Anda akan mengawalinya dengan kisah yang berbeda. Menulis jurnal terkadang lebih mudah dimulai dengan cerita tentang keseharian Anda atau kejadian yang membuat Anda tertekan dan bingung karena belum menemukan jawabannya. Menulis fakta dan kejadian sehari-hari mampu membangkitkan kesadaran yang akan membuka wawasan Anda. Hal tersebut bisa Anda alami karena pikiran Anda menjadi lebih terkendali saat menulis jurnal. Dilansir dari wikihow.com

6. Kumpulkan Alat-Alat Tulis dan Dekorasi Lucu

Don’t underestimate the power of… colorful pens and stickers! Kegiatan menulis jurnal menjadi jauh lebih seru saat mulai menerapkan berbagai warna di atas kertas. Gunakan warna terang untuk mencatat hal-hal penting atau membuat checklist, dan luangkan waktu untuk mencari kreator lokal yang mendesain stiker khusus untuk kegiatan journaling anda.

7. Nikmati Kegiatan Journaling

Most importantly, ingatlah bahwa ini sebuah aktivitas yang menenangkan dan seharusnya dinikmati. Menulis jurnal memang bukan kegiatan yang ideal untuk semua orang, maka anda tidak perlu memaksakan diri. Jangan menganggapnya terlalu serius – follow your own pace, and do what makes you happy

8. Sesekali Renungkan Kembali, Apa Yang Pernah Anda Tulis

Menulis jurnal bukan hanya menulis tanpa membacanya lagi sebab Anda bisa menikmati manfaatnya bagi perkembangan kehidupan Anda dengan membandingkan kondisi Anda saat ini dengan beberapa minggu/bulan/tahun yang lalu. Temukan hal-hal yang sekarang menjadi lebih jelas dengan membaca lagi satu jurnal ke jurnal berikutnya.

Pikirkan harapan dan keinginan yang pernah Anda tulis dan saat ini sudah terwujud. Pikirkan juga hal-hal yang belum terjadi dan apakah Anda tanda atau pola tertentu yang menghambat kemajuan yang Anda inginkan. Gunakan jurnal untuk mengevaluasi perjalanan hidup Anda.

9. Simpanlah Jurnal Ditempat Yang Aman

Pastikan tidak ada orang lain yang bias membaca jurnal anda. Anda akan merasa bebas mengungkapkan apapun dalam jurnal jika tidak merasa khawatir tentang hubungan dengan orang lain atau bagaimana anda akan dinilai. Jadi simpanlah jurnal di tempat yang aman.

Sekian tips menulis jurnal harian, semoga bermanfaat untuk mengisi waktu teman-teman selama dirumah, membuat teman-teman menjadi lebih produktif dan disiplin dalam me-menage waktu (daf)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.