Banner Muba 23 – 31 Juli 2021
banner Pemprov Juni

Tips Makanan Baik Dikonsumsi Sebelum Olahraga

JAKARTA, koranindonesia.id – Anggapan tak boleh makan sebelum berolahraga hanya mitos belaka. Sebaliknya, sejumlah makanan justru baik dikonsumsi sebelum berolahraga.

Beberapa makanan dapat membantu meningkatkan energi sehingga olahraga akan semakin maksimal. Itu termasuk memaksimalkan proses metabolisme sehingga tubuh dapat membakar lemak secara maksimal saat berolahraga.

Tak hanya itu, makanan juga membantu membentuk otot dengan optimal. Pilihlah makanan yang sesuai dengan tujuan Anda berolahraga.

Berikut makanan yang baik dikonsumsi sebelum berolahraga, sebagaimana dilansir Web MD.

1. Sereal biji-bijian

Sebelum berolahraga, Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sehat seperti sereal biji-bijian. Konsumsi ini sebaiknya dilakukan satu jam sebelum berolahraga.

Karbohidrat sehat membantu memberikan tenaga saat berolahraga sehingga pembakaran kalori juga akan maksimal.

2. Pisang

Dengan mengonsumsi pisang atau apel 5-10 menit sebelum berolahraga dapat membuat Anda mendapatkan tambahan energi alami.

Pisang mengandung karbohidrat yang mudah dicerna sehingga cepat diubah menjadi energi yang dibutuhkan untuk berolahraga.

3. Energy bar

Asupan energy bar juga baik dikonsumsi satu jam sebelum berolahraga. Pilihlah snack yang mengandung kurang dari 200 kalori.

Pilih pula snack dengan kandungan serat rendah sekitar 3 gram. Terlalu banyak serat akan meningkatkan risiko perut sakit saat berolahraga.

4. Ayam

Anda juga bisa mengonsumsi sumber protein seperti ayam rebus atau ayam rebus. Protein penting untuk membuat sel darah merah dan memperbaiki otot selama berolahraga. Makanan yang mengandung protein ini, seperti ayam, dapat dikonsumsi sebelum atau setelah berolahraga.

5. Air putih

Dehidrasi adalah persoalan utama yang terjadi saat olahraga, apalagi kalau terpapar terik matahari. Oleh karena itu konsumsi cukup air putih sebelum berolahraga untuk mencegah dehidrasi.

(MT) 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.