Tips dan Trik Agar Sukses Budidaya Tanaman Hidroponik

Jakarta,koranindonesia.id—Minat untuk memiliki usaha budidaya tanaman hidroponik? Ya, usaha budidaya tanaman hidroponi di era modern ini memang sedang trend karena usaha ini tidak memerlukan tanah sebagai media tanamnya. Namun sebelum anda memulai usaha budidaya tanaman hidroponik sepertinya perlu mengetahui ada tips dan trik supaya sukses untuk melakukan usaha ini. Seperti dikutip ilmubudidaya.com berikut ini tips dan trik agar sukses budidaya tanaman hidroponik di era modern yang bisa anda mulai dari sekarang.

  1. Perencanaan

Perencanaan yang matang memang perlu anda lakukan untuk melakukan usaha apa saja, tidak terkecuali bagi anda yang ingin memulai usaha budidaya tanaman hidroponik. Dimulai dari tujuan anda ingin menanam hidroponik untuk apa ?. Apakah untuk anda konsumsi secara pribadi atau komersial. Kemudian dimana anda ingin melakukan kegiatan budidaya tanaman hidroponik ?Di rumah atau ada lahan tertentu yang akan anda gunakan. Siapa saja orang-orang yang nantinya akan terlibat untuk usaha tanaman hidroponik anda ?. Apakah anda sendiri atau ada orang-orang tertentu yang dibagi tugas sehingga tidak hanya anda saja yang harus paham tentang budidaya tanaman hidroponik. Konsep perencanaan ini harus anda ikuti dengan panduan 5W+1H. Panduan 5W+1H adalah apa, siapa, kapan, berapa, dan bagaimana

  1. Modal Usaha

Setelah perencanaan matang sudah anda buat maka anda perlu mengetahui berapa banyak modal yang anda butuhkan. Adapun modal untuk budidaya tanaman hidroponik bisa sedikit atau banyak tergantung dari perencanaan anda sebelumnya.

  1. Desain Hidroponik

Desain hidroponik yang ada sangat banyak. Perlu anda perhatikan semua desain hidroponik akan terasa cocok kalau sesuai dengan kebutuhan anda. Desain hidroponik sendiri mempengaruhi berapa banyak jumlah tanaman yang nanti akan anda tanam, jumlah air dan sistem air yang digunakan serta aliran listrik yang digunakan perlu dilakukan pengaturan supaya penggunaannya tidak boros.

  1. Tanaman Hidroponik

Setelah anda menentukan perencanaan, modal usaha, desain hidroponik, anda perlu mengatur jenis tanaman hidroponik yang anda gunakan apa saja. Jenis buah, sayur, hias, atau herba. Adapun jenis tanaman hidroponik yang ditanam apakah 1 jenis tanaman hidroponik saja atau ada banyak jenis tanaman hidroponik.

  1. Hama dan Penyakit

Pengetahuan hama dan penyakit memang perlu anda ketahui supaya tanaman hidroponik yang anda tanam dapat tumbuh dengan baik. Fungsi dari pengetahuan hama dan penyakit yang anda miliki nantinya bisa anda ajarkan kepada orang lain.

Dengan anda memiliki pengetahuan tentang hama dan penyakit pada tanaman hidroponik, anda bisa membuka pelatihan tentang pengendalian hama dan penyakit tanaman hidroponik.

  1. Pemeliharaan

Sukses budidaya hidroponik di era modern bisa dilihat dari bagaimana cara anda melakukan pemeliharaan pada tanaman hidroponik anda. Pemeliharan pada tanaman hidroponik dimulai dari, pengaturan sistem aliran air/nutrisi pada tanaman hidroponik, pemeriksaan kondisi pipa dan tanaman hidroponik anda dan sortir tanaman hidroponik yang tidak sesuai kriteria panen anda.

  1. Sumber Daya Manusia

Jika anda mengadakan kegiatan budidaya tanaman hidroponik dengan tujuan komersial, biasanya anda memerlukan beberapa sumber daya manusia. Sumber daya manusia yang anda pilih adalah orang orang yang dapat dipercaya dan belajar karena anda bisa dengan mudah memberikan pekerjaan tertentu pada orang yang sudah anda tunjuk.

  1. Pasar

Pasar disini adalah arah produk hidroponik anda akan dijual. Anda perlu perhatikan jenis tanaman apa yang paling banyak dicari konsumen tanaman hidroponik atau tanaman organik. Kemudian anda bisa menilai berapa harga jual yang bisa anda tentukan dengan melihat harga pasar dari produk budidaya tanaman hidroponik.

  1. Konsisten

Setiap usaha tentunya perlu ada konsistensi dari pemilik usahanya. Bagi anda yang ingin memulai usaha tanaman hidroponik harus memiliki sikap konsisten supaya usaha anda bisa tetap berajalan walaupun banyak rintangan dan cobaan.

  1. Bentuk Produk Tanaman Hidroponik

Bentuk produk tanaman hidroponik bisa menjadi bahan pertimbangan anda dalam memulai usaha ini. Ada berbagai macam bentuk produk tanaman hidroponik yang dijual dipasaran. Apakah anda ingin menjual produk tersebut dalam bentuk yang mentah, setengah jadi atau sudah diolah menjadi bahan makanan, minuman atau yang lainnya

  1. Lomba Hidroponik

Jika anda memulai usaha ini dari dini anda perlu mengikuti beberapa perlombaan di bidang budidaya tanaman hidroponik. Ikut lomba hidroponik bisa membantu anda menambah kepercayaan dan pengalaman sekaligus menambah relasi sesama pelaku yang minat untuk melakukan budidaya tanaman hidroponik.(sms)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.