Banner Muba 23 – 31 Juli 2021
banner Pemprov Juni

Tips Buah Bagus untuk Penyakit Jantung

JAKARTA, koranindonesia.id – Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu dunia. Bahkan setiap tahunnya, terus menyumbang angka kematian yang tersebar di berbagai kelompok usia. Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 2015 membuktikan 70 persen kematian di dunia disebabkan oleh penyakit tidak menular (PTM), 45 persennya yaitu penyakit jantung dan pembuluh darah.

Di Indonesia, gerakan memerangi penyakit jantung terus dilakukan oleh lembaga kesehatan. Salah satunya dengan mengajak masyarakat untuk gemar mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan.

Jenis buah yang bagus untuk penyakit jantung ada banyak. Tidak hanya bermanfaat bagi penderitanya, namun bisa juga untuk orang sehat yang ingin menjaga jantungnya tetap prima.

Berikut jenis buah-buahan bermanfaat baik untuk jantung, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Beri

Stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry merupakan golongan buah-buahan yang memiliki nutrisi baik dalam memelihara kesehatan jantung.

Kandungan antioksidan antosianin dalam buah beri dipercaya mampu meredakan peradangan jantung dan meningkatkan fungsi sel yang melapisi pembuluh darah.

Mengutip dari Healthline, sebuah penelitian kepada 27 orang dewasa yang mengonsumsi buah beri selama delapan minggu terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat sebesar 11 persen.

Selain itu, buah beri juga direkomendasikan untuk masa pemulihan penderita sakit jantung, karena bisa mengurangi kambuhnya penyakit jantung.

2. Ceri

Ceri manis, ceri asam, ceri kering atau jus ceri, mempunyai kandungan sama seperti buah beri, yaitu antioksidan antosianin dan polifenol.

Dilansir dari WebMd, senyawa antioksidan dalam buah untuk jantung ini berfungsi untuk melindungi pembuluh darah, mengurangi pembengkakan jantung, serta membuat tekanan darah stabil.

Satu cangkir buah ceri dengan berat 154 gram, mengandung 10 persen kalium serta mineral yang penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Sementara itu dari laman Healthline, fakta penelitian membuktikan bahwa asupan polifenol tinggi dapat menurunkan risiko penyakit jantung secara signifikan selama 5 tahun.

3. Alpukat

Buah yang bagus untuk penyakit jantung selanjutnya adalah alpukat, dengan kandungan lemak tak jenuh tunggal, serta kalium.

Nutrisi baik dalam alpukat sangat berperan penting untuk kesehatan jantung dan membantu menurunkan kolesterol, tekanan darah, serta risiko sindrom metabolik.

Dalam satu buah alpukat, terdapat 975 miligram potassium. Sekitar 28 persennya sangat diperlukan oleh tubuh manusia sebagai kebutuhan harian.

Mengutip Healthline, 4,7 gram kalium per hari dari konsumsi alpukat, berpotensi menurunkan 15 persen tekanan darah tinggi yang berisiko stroke.

4. Tomat

Kandungan likopen dalam tomat bermanfaat untuk menghilangkan kolesterol jahat penyumbat pembuluh darah penyebab terjadinya serangan jantung.

Sedangkan antioksidan pada tomat, bisa menetralkan bahaya radikal bebas serta mencegah kerusakan oksidatif atau radang, yang keduanya adalah sumber penyakit jantung.

Laman Healthline menyebut, penelitian pada 50 wanita obesitas yang mengonsumsi dua buah tomat mentah selama empat kali dalam seminggu, terbukti meningkatkan kadar kolesterol baik.

Jumlah kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL) dalam tubuh bisa membantu menghilangkan plak pada pembuluh arteri, dan menjaga kesehatan jantung serta terhindar dari stroke.

5. Jeruk

Buah sitrus seperti jeruk memiliki serat pektin sebagai penangkal kolesterol, sementara potassium di dalamnya bisa membantu mengontrol tekanan darah.

Dikutip dari WebMd, kandungan lain pada jeruk yaitu antioksidan dan flavonoid, bermanfaat meningkatkan fungsi pembuluh darah serta menurunkan risiko penyakit jantung.

Penelitian meminum air jeruk pada sejumlah pria yang berisiko terkena penyakit kardiovaskular selama satu bulan membuktikan bahwa mereka memiliki fungsi sel endotel yang lebih baik.

Selain itu, hasil penelitian lain dari konsumsi air jeruk secara rutin adalah mencegah penyakit batu ginjal karena bisa membuat pH urine lebih tinggi atau lebih alkali.

Meskipun beberapa jenis buah di atas memiliki khasiat menguntungkan bagi kesehatan jantung, tetap harus mengimbanginya dengan asupan nutrisi lain seperti sayuran.

Buah yang bagus untuk penyakit jantung di atas lebih baik dimakan dalam keadaan masih segar dan tidak ada tambahan gula, susu, maupun pemanis buatan lainnya agar bisa khasiatnya optimal.

Mencegah penyakit jantung pun bukan berarti bergantung sepenuhnya dengan mengonsumsi buah-buahan. Melainkan harus diimbangi dengan pola hidup yang lebih sehat.

Kemudian, lakukan medical check upsecara berkala untuk mengetahui kondisi kesehatan sekaligus bisa membantu mendeteksi jika ada indikasi penyakit.

(MT) 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.