Banner sumsel

Tindaklanjuti Himbauan Gubernur, ASN Giliran Naik Angkutan Umum

PALEMBANG, koranindonesia.id – Pemerintah Kota Palembang mewajibkan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menggunakan amgkutan umum setiap pulang pergi kerja. Untuk mengoptimalkan gerakan ini, Dinas perhubungan saat ini tengah mengatur jadwal setiap instansi.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang Kurniawan mengatakan, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) nantinya setiap hari bergiliran menggunakan angkutan umum, baik itu Light Rail Transit (LRT) maupun Trans Musi.

“Kita sedang siapkan teknisnya agar tidak ada kesahalan nantinya, sedang kita susun jadwalnya karena ini berlaku baik PNS maupun Non PNSD,” katanya, Kamis (18/4/2019).

Hal ini juga menindaklanjuti himbauan Gubernur Sumsel, Herman Deru yang mengeluarkan surat edaran nomor 023/E/DISHUB/2019 tentang gerakan satu hari dalam satu bulan menggunakan angkutan umum (LRT, BRT, dan angkutan kota) berangkat ke kantor pergi pulang di wilayah Kota Palembang.

Nantinya, setiap OPD yang ada di Kota Palembang akan digilir untuk melaksanakan himbauan ini. Gerakan ini akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Misal nanti mulai dari Seketariat Daerah (Setda) kota Palembang besoknya lagi Dinas Sosial (Dinsos) dan lanjut ke OPD lainnya sampai semua OPD yang ada,” katanya.

Kurniawan mengatakan, diberlakukannya aturan ini untuk menggerakan penggunaan angkutan umum di Palembang. “Nantinya selama satu hari akan terlihat tidak ada kendaraan yang parkir di instansi tersebut karena semua pegawai diwajibkan naik angkutan umum,” ujarnya.

Menurutnya, jika sudah siap semuanya maka akan dilaporkan kepada walikota untuk segera diterapkan. “Secepatnya himbauan ini kita akan laksanakan,” tegasnya.

Untuk kesiapan armada, kata Kurniawan ia mengaku tidak ada persiapan karena semua armada sudah cukup dan memadai. “Kalau untuk penambahan angkutan umum tidak ada, yang ada saat ini juga telah mencukupi, kita ada LRT, Trans Musi dan angkutan umum lainnya,” jelasnya.

Walikota Palembang Harnojoyo mengimbau semua pegawai Pemkot Palembang untuk menggunakan angkutan umum, selain untuk menghidupkan penggunaan LRT, juga mengurangi kemacetan di jalan raya,” ujarnya. (Iya)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.