Banner sumsel

Tidak Hanya Kurma, 9 Buah ini Bisa Kembalikan Energimu Saat Buka Puasa

PALEMBANG, Koranindonesia.id — Ketika berpuasa, tubuh anda akan mengalami beberapa perubahan, termasuk dalam hal kerja enzim. Enzim yang biasanya dihasilkan sistem pencernaan akan perlahan-lahan berkurang jumlahnya bergantung pada berapa lama kita berpuasa. Sedangkan lapisan yang melindungi perut juga akan berkurang seiring dengan lamanya waktu berpuasa. Sehingga, jika Anda mengonsumsi makanan yang cenderung bersifat mengiritasi perut, Anda lebih mungkin mengalami masalah pencernaan. Maka dari itu saat berbuka, makanan yang dimakan pertama kali sangatlah penting. Anda disarankan untuk memilih makanan berbuka yang gampang dicerna, dan salah satu contohnya adalah buah.
Kata orang, berbukalah dengan yang manis. Kurma salah satunya. Berbuka puasa dengan memakan buah kurma selain termasuk sunah rasul juga dianjurkan dari segi kesehatan karena mengandung tinggi glukosa dan vitamin. Makanya efektif banget mengembalikan energi dalam tubuh yang seharian berpuasa.
Sebenarnya nggak cuma kurma saja lo buah yang bagus dikonsumsi saat berbuka puasa. Beberapa buah juara berikut juga bisa kamu hidangkan untuk disantap saat berbuka puasa.seperti dilansir dari laman hipwee.com sebagai berikut:
1. Semangka mengandung 91% air di dalam dagingnya, juga likopen sebagai antioksidan. Sekaligus citrulline dan arginine yang menjaga kesehatan jantung dan mengurangi timbunan lemak

2. Selain rendah kalori, melon kaya akan serat, kalium, vitamin C, beta karoten dan likopen yang baik untuk tubuh

3. Buah pisang mengandung tinggi karbohidrat yang akan bikin kamu kenyang lama. Pisang juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan khususnya kamu yang punya mag atau asam lambung

4. Kandungan lemak nabati dalam alpukat akan membuat energi dalam tubuhmu langsung meningkat. Kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus, smoothie, atau langsung dimakan bersama susu cokelat

5. Pepaya juga cocok dijadikan menu takjil harian karena khasiatnya yang melancarkan pencernaan dan juga mencegah kulit jadi kusam

6. Apel kaya akan kandungan vitamin A, B, dan C yang dibutuhkan untuk menyeimbangkan nutrisi pada tubuh. Apel juga bisa mengatasi masalah nafsu makan yang terlalu besar saat berbuka

7. Mengonsumsi blewah mampu membantu menyerap zat-zat yang nggak diperlukan dari makanan berbumbu, endapan obat-obatan bahkan mengatasi rasa mual akibat asam lambung

8. Buah anggur juga bisa membantu menggantikan cairan dan gula yang hilang selama berpuasa seharian. Pun mudah dicerna dan mencegah sembelit

9. Kiwi adalah salah satu buah yang rendah fruktosa, mengonsumsinya nggak bikin gula darah cepat naik. Kiwi juga mengandung banyak serat yang nggak bikin sembelit dan sakit perut
Nah, jadi jangan terpancang harus makan kurma tiap kali berbuka puasa ya. Buah-buah di atas juga nggak kalah juaranya mengembalikan energimu setelah seharian berpuasa. Selamat berbuka!

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.