Thibaut Courtois Clean Sheet 9 Kali Dari 13 Laga Terakhir Real Madrid

 

JAKARTA, koranindonesia.id — Kiper Real Madrid ini baru saja membobol bini orang di London, tapi Thibaut Courtois sukses menjaga gawang Los Blancos tak kebobolan, mencatatkan clean sheet 9 kali dari 13 laga terkininya.

Penjaga gawang asal Belgia itu setengahnya berhasil melarikan diri dari tanggung jawab setelah membobol “gawang” bini tetangganya di London sampai hamil saat kiper 27 tahun itu merumput untuk Chelsea. Tapi ia memiliki prestasi bagus dalam mencegah gawang Real Madrid kebobolan. Thibaut Courtois mencatatkan clean sheet 9 kali dari 13 laga terakhirnya bagi Real Madrid.

Saat membela Los Blancos pada laga semi final Supercopa de Espana hari Kamis (9/1) di Arab Saudi, ia gagal mencatatkan clean sheet. Sebuah hadiah tendangan penalti bagi Los Che untuk handball Raphael Varane pada detik-detik terakhir pertandingan Valencia vs Real Madrid menyebabkan skor usai 1-3 tadi malam.

Jadi data clean sheet Thibaut Courtois yang tadinya 9 kali dari 12 laga sebelum pertandingan tadi malam dimulai, terpaksa berubah menjadi lebih buruk menjadi 9 laga dari 13 pertandingan terkininta untuk Los Merengues.

Courtois memulai laga Piala Super Spanyol dengan target memenangkan trofi keduanya sebagai pemain Real Madrid, setelah mengangkat trofi Piala Dunia Antarklub sejak bergabung pada musim panas 2018. Sang kiper asal Belgia itu dalam kondisi luar biasa akhir-akhir ini, yang telah mengakhiri semua perdebatan di Bernabeu soal siapa yang lebih baik antara dirinya atau Keylor Navas di bawah mistar gawang.

Zinedine Zidane sendiri telah memperjelas usai kemenangan di Getafe akhir pekan lalu bahwa Courtois adalah penjaga gawang terbaik di dunia, dan ini merupakan kepercayaan dari pelatih Real Madrid itu sejak musim lalu. Waktu itu ada beberapa kontroversi muncul seputar keputusan Zidane untuk memilih Courtois sebagai kiper utama Real Madrid dan bukannya Keylor Navas selama musim 2018/19, tetapi keyakinannya telah dibayar lunas dengan penampilan hebat mantan kiper Chelsea itu dalam beberapa bulan terakhir.

Terlebih lagi, pemain berusia 27 tahun ini menawarkan rasa tenteram kepada rekan-rekan satu timnya saat berada di bawah mistar gawang dan dia memberi jaminan kepada timnya ketika pemain oposisi berhasil melewati pertahanan Real Madrid.

Menyusul clean sheet dalam kemenangan tandang 3-0 di Getafe, Courtois sekarang telah mencegah pemain lawan mencetak gol dalam sembilan dari 12 pertandingan terakhirnya di kompetisi Liga Spanyol dan Liga Champions. Mereka yang berhasil mengecoh sang kiper Belgia dalam 12 pertandingan terakhirnya adalah Real Sociedad, Valencia dan Paris Saint-Germain, dengan kekalahan terakhir Real Madrid terjadi saat melawan Real Mallorca pada 19 Oktober.

Dilansir dari footystats.org, mantan kiper Atletico Madrid itu kebobolan delapan gol di ajang Liga Spanyol musim ini, selain enam gol di ajang Liga Champions. Sebagai kiper utama timnas Belgia, ia kebobolan dua gol pada laga-laga kualifikasi Euro 2020.(OFI/*)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.