Pemprov Ramadhan
Banner april lebaran

Tetap Sehat Berpuasa saat Pandemi

 

JAKARTA,koranindonesia.id–-Walaupun imbauan pemerintah untuk tetap menjaga kesehatan karena pandemi masih merebak, tidak mengurangi niat umat muslim untuk menjalankan ibadah puasa. Ada rasa was-was juga ya, karena selama pandemi kita wajib menjaga keseimbangan gizi kita agar sistem imun kita tetap kuat dan tidak mudah terpapar Covid-19. Semuanya itu kita dapatkan dari makan yang teratur, minum air putih yang cukup, sementara kita wajib menghindari itu mulai dari imsyak hingga magrib ditambah aktivitas pekerjaan kita sehari-hari yang menyita energi kita. Jadi bagaimana dong agar tubuh tetap sehat, sistem imun terjaga dengan baik, dan puasa berjalan lancar? Yuk, baca tips sederhana  di bawah ini yang pasti akan berguna buat kita.

1. Dilansir oleh rumah sakit Aminah, kalau kita jangan melewatkan sahur dan berbuka pusa karena bisa mengakibatkan tubuh menjadi lemas seharian. Saat sahur kita wajib mengkonsumsi makanan yang mengandung pati dan protein. Karena sifat pati dan protein mengenyangkan lebih lama, serta berserat tinggi dan kaya akan energi. Saat berbuka hindari makanan berlebih ya guys, karena kebayang dong perut yang kosong seharian tiba-tiba diisi penuh maka bukan kenyak=ng yang baik tapi perut kita akan menjadi kembung.

2. Kurangi mengkonsumsi makanan cepat saji dan minuman yang mengandung soda, kafein karena hal itu dapat memicu dehidrasi bagi tubuh kita.

3. Tidur yang cukup. Sudah tau kan kalau begadang tidak baik untuk kesehatan. Waktu yang ideal untuk tidur 6-8 jam. Jadi pastikan selama menjalani puasa menjaga pola tidur agar kita tetap bugar dan terhindar dari resiko penyakit khususnya Covid-19.

4. Wajib mengkonsumsi multivitamin. Tujuannya adalah agar nutrisi di tubuh kita tercukupi. Nah, multivitaminnya juga harus sesuai dengan kondisi tubuh kita. Untuk yang punya kondisi khusus, yang tidak bisa sembarangan mengkonsumsi multivitamin, alangkah baiknya agar berkonsultasi dengan dokter. Akan tetapi, bila tidak ada keluhan, kita bisa mengkonsumsi multivitamin berupa vitamin C, vitamin E, vitamin B, atau vitamin yang mengandung zat besi serta kalsium.

5. Physical Distancing tetap utama. Walau berpikiran ibadah puasa tidak akan terasa kalau tidak bersedekah dan tarawih. Nah, selama pandemi ini coba deh saat bersedekah protokol kesehatannya diutamakan. Saat tarawih pun coba dilakukan di rumah bersama keluarga saja. Ini adalah cara kita menyayangi keluarga kita juga kan.

Itulah beberapa tips atau saran yang bisa kamu coba dear agar puasamu tetap lancar hingga hari raya tiba nanti dan kesehatan tetap terjaga.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.