Banner Pemprov 17 Agustus

Tersandung Kasus Ini, Pejabat Dinas PUCK Tutupi Wajah Pakai Berkas

PALEMBANG, Koranindonesia.id – Usai menjalani pemeriksaan lanjutan di Kantor Kejaksaan Negeri Palembang, empat tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan tugu tapal batas 2013 digiring ke Rutan Pakjo untuk menjalani penahanan, Rabu (17/7/2019)..

Pantauan di lapangan, saat digiring petugas kejaksaan, Kasi Tata Bangunan Dinas PUCK Palembang berinisial KH yang sudah berstatus tersangka dalam perkara pembangunan tugu batas Kota Palembang dengan Kabupaten Banyuasin di Jalan Gubernur H Bastari ini terus menutupi wajah dengan berkas.

Bahkan sejak keluar ruang pemeriksaan Seksi Tindak Pidana Khusus Kejari Palembang hingga ke dalam mobil, KH terus bersembunyi di belakang petugas dan menutup wajah dengan berkas di tangannya saat wartawan akan mengambil gambar.

Tak hanya KH, dua kontraktor yakni AT dan MIT serta AS, selaku konsultan pengawas dalam proyek pembangunan tersebut, bergegas menuju kendaraan untuk diantar petugas kejaksaan ke Rutan.

Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Palembang Andi Andri Utama melalui Kasubsi Penuntutan Hendy Tanjung membenarkan bahwa pihaknya telah menerima pelimpahan berkas, tersangka dan alat bukti (tahap 2) dari penyidik Polresta Palembang.

“Benar kita telah menerima pelimpahan perkara dugaan tindak pidana korupsi dari penyidik Polresta Palembang. Selanjutnya kita akan segera limpahkan berkas ke Pengadilan untuk disidangkan dan sementara keempat tersangka kita lakukan penahanan,” kata Hendy..

Dirinya menjelaskan, pembangunan tugu tapal batas ini terindikasi menyimpang karena diduga terdapat kekurangan volume dalam pengerjaannya sehingga negara mengalami kerugian sebesar Rp505 juta.

 

“Ada empat perkara dugaan korupsi terkait pembangunan tugu perbatasan yang sedang dilakukan penyelidikan, tapi baru satu yang naik karena tiga lainnya masih terkendala audit kerugian negara,” jelasnya.

 

Di samping Hendy menyebut bahwa atas perbuatannya masing-masing tersangka akan dijerat Pasal 2, 3 dan Pasal 9 UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. (sup)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.