Banner pemprov Sumsel

Ternyata Mantan Menko Ini yang Bikin Elektabiltas Jokowi Anjlok

JAKARTA,koranindonesia.id- Kampanye akbar Prabowo-Sandi di Gelora Bung Karno (GBK) tampaknya masih menjadi sorotan publik. Selain mencapai 1 juta lebih pengunjungnya, kampanye tersebut dinilai sekaligus menjawab sejauhmana dukungan terhadap paslon nomor 02 itu.

Namun ada yang menarik disampaikan oleh Capres Prabowo Subinto dalam orasi politiknya, dimana ia menyebut nama Rizal Ramli dan menjelaskan solusi terhadap masalah ekonomi yang dialami oleh negara.

Ketua Umum Partai Gerindra itu dengan tegas menyatakan bahwa Rizal Ramli merupakan dewan pakar yang menjadi juru kemudi di bidang ekonomi jika ia terpilih menjadi presiden RI.

Menanggapi hal ini, analis sosial Universitas Bung Karno (UBK) Muda Saleh menyatakan, apa yang disampaikan oleh Prabowo merupakan ‘kode’ bahwa Jokowi telah menyia-nyiakan sosok yang banyak memberikan kontribusi pada sektor ekonomi.

“Ada pesan yang ingin disampaikan oleh Prabowo tampaknya dalam konteks ini, yakni kunci ekonomi pada program Prabowo-Sandi ada pada Rizal Ramli,” ujar analis sosial Universitas Bung Karno (UBK) Muda Saleh, Selasa (9/4/2019).

Muda menjelaskan, bahwa Rizal Ramli memiliki jam terbang yang patut dirangkul oleh siapapun capresnya, terlebih pengalaman dan prestasi Rizal saat berada di lingkaran pemerintahan cukup baik.

“Sayangnya Pak Widodo masih percaya dengan menteri-menterinya yang sanggup menjalani konsep ekonomi yang konservatif, sehingga wajar adanya jika pertumbuhan ekonomi hingga saat ini stagnan di angka 5 persen,” jelasnya.

Padahal menurutnya, Rizal Ramli memiliki catatan positif saat menjabat sebagai menteri baik kabinet Gus Dur dan era Jokowi.

“Sebut saja Bulog, pertumbuhan ekonomi di era Gus Dur, Menyelamatkan PLN, kenaikan gaji PNS hingga 125 persen,dan banyak lagi lainnya, dan ini yang menjadi salah satu faktor penting yang akhirnya mengapa masyarakat beralih kepada paslon nomor 02, dan ini bikin elektabilitas Jokowi jungkir-balik,” sambungnya.

Adapun menurutnya, Rizal Ramli dapat menjelaskan akar masalah, baik ekonomi, pendidikan dan politik di Indonesia, sehingga masyarakat dengan mudah menentukan sikap terhadap pilihannya pada Pemilu 2019.

“Bayangkan saja, Rizal Ramli banyak menjelaskan sekaligus solusi terhadap sejumlah persoalan bangsa melalui akun sosmednya, dan ini menarik, artinya apa informasi yang gak didapat masyarakat justru didapat di sosmed,” tambahnya.

Dengan adanya kritikan Rizal Ramli baik di media maupun sosmed menambah proses penyadaran kepada masyarakat bahwa sejauhmana kinerja pemerintahan Joko Widodo. “Bahkan saya lihat kritiknya pedas sekali, lihat saja kartu Jokowi, infrastruktur, pendidikan dan ekonomi tentunya. Dan apa yang disampaikan Rizal tak hanya sebatas visi, namun ia memberikan solusi dan ini yang kemudian menimbulkan harapan tak ada pada paslon nomor 01, melainkan kepada Prabowo-Sandi,” tutupnya.(Mar)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.