Terbaik Jaringan Informasi, Palembang Bisa Jadi Contoh Daerah Lain

PALEMBANG, koranindoinesia.id – Pjs Walikota Palembang Akhmad Najib menghadiri acara rapat koordinasi dan bimbingan teknis penguatan jaringan informasi geospasial nasional tingkat daerah, di Hotel Aryaduta Palembang, Kamis (15/3/2018).

Acara ini dihadiri Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, dan kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Hasanudin Z Abidin.

Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo menyampaikan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan para peserta akan dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat.

“Melalui Bimtek ini diharapkan semua peserta mampu untuk mengelola data dan IG di wilayahnya dengan lebih optimal dan sesuai standar nasional sesuai dengan semangat One Map Policy. Akhirnya, dapat terwujud pembangunan simpul jaringan di daerah untuk mendukung pembangunan Jaringan Informasi Geospasial Nasional,” ungkap Tjahyo Kumolo.

Dalam sambutannya, kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Hasanudin Z Abidin memuji Provinsi Sumatera Selatan dan kota Palembang, yang sejauh ini memiliki jaringan terbaik di wilayah Sumatera.

“Dari seluruh wilayah Sumatera, Sumsel dan kota Palembang adalah yang terbaik dalam hal jaringan informasi, ini bisa menjadi contoh daerah lain,” ujar Hasanuddin.

Sementara itu, Pjs Walikota Palembang Akhmad Najib mengungkapkan, pemerintah daerah harus mampu memanfaatkan ketersediaan data informasi  geospasial ini.

“ketersediaan data informasi geospasial menjadi sangat penting dalam mendukung pelaksanaan pembangunan, pemerintah daerah harus bisa memanfaatkannya,” ungkap Najib.

“Oleh karenanya kita harus senantiasa berupaya semaksimal mungkin untuk mewujudkan penyediaan data base informasi geospasial untuk mendukung perencanaan pembangunan yang terkoordinasi, terintegrasi dan berkesinambungan,” tambah Najib.

Seperti diketahui, Badan Informasi Geospasial (BIG) merupakan satu-satunya institusi yang menangani Informasi Geospasial (IG) di Indonesia. Tugas BIG bukan hanya sebagai penyelenggaraan IG semata, tapi juga menangani masalah pembinaan IG, termasuk di dalamnya adalah melalui kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek).

Sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2011 tentang IG, dijelaskan bahwa BIG juga bertanggung jawab terhadap penyebarluasan Data dan IG di Indonesia. Maka bimtek menjadi salah satu jalan untuk melaksanakan tugas tersebut. (teja/ril)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.