Tepian Ayek Lematang Tempat Nongkrong Asik di Lahat

Bagi anak muda di Lahat, tempat ini adalah salah satu spot yang bagus buat foto dan nongkrong. Tepian Ayek Lematang, namanya.Lokasinya  berada di kawasan kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Lahat Selatan, sekitar  satu kilometer dari pusat Kota Lahat.

Walaupun belum lama  ditata, tetapi tempat ini sudah ramai dikunjungi warga tidak hanya warga Lahat tetapi juga dari daerah-daerah yang berdekatan seperti Pagaralam, Empat Lawan, dan Muaraenim bahkan dari luar daerah itu seperti Jakarta, Palembang. Mereka ingin melihat sisi lain dari kota yang terkenal dengan batu Megalitnya.

Ketertarikan pengunjung ke lokasi ini tidak saja karena dilokasi ini disediakan tempat bersantai dan taman bunga yang tertata, namun pengunjung juga bisa merasakan keindahan gemericik arus Sungai Lematang. Apalagi  disana kita juga akan menjumpai jembatan Lematang yang terbentang di atas Sungai Lematang yang konon lebar sungai mencapai 20 meter.

Di tepi sungai ada bangunan  Teras Plaza Lematang, namanya. Lantainya di buat berwarna-warni membuat tempat itu menjadi sangat artistik. Nah, kalau kita melepaskan pandangan mata di depan maka akan terbentang sawah. Jika ingin kesana disarankan sore hari karena mentari makin menambah pesona Tepian Ayek Lematang.

Tidak heran jika Tepian Ayek Lematang ini pas sore ramai pengunjung, sembari menikmati pemandangan, dan mendengar gemericik air Lematang, kalian juga bisa icip-icip makanan kecil di sana, ya jenis makanan tidak jauh dari makanan khas Sumsel, seperti pempek.

Yuli (35) pedagang pempek panggang yang tinggal di Pasar Bawah, mengaku sudah berdagang di lokasi ini selama satu tahun lebih. Jika hari   sabtu dan minggu  pengunjung dipastikan ramai dan penghasilannya  meningkat menjadi 3x lipat dari hari biasa.

“Disini rame sore sabtu dan minggu, dapat dari jualan lumayan, dibandingkan hari-hari biaso, tapi kalu hari ujan kasian daganganyo pembelinyo bekurang,”tutur Yuli dengan logat palembang yang kental.

Icha (18)  tinggal di kota Lahat mengatakan sering mengunjungi tepat ini bersama  teman-temannya. Selain menghabiskan waktu untuk santai juga karena sungai Lematang menjadi daya tarik tersendiri.

“Kami biasa datang sore sabtu atau minggu, karena suasananya asyik,rame,sambil lihat sungai Lematang,sejuk rasonyo,”katanya. Selain itu, tempat ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Nah, kalau berminat datang kesini tidak terlalu sulit untuk menuju lokasi, selain tempat tidak jauh dari pusat kota. Dan kalau sudah sampai di pusat kota silahkan tanya warga Lahat pasti mereka tahu lokasinya.  Ayo ke Lahat.

 

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.