Bhintan Shalawat

Temu Ribuan Gapoktan – Perpadi di Sragen, Jokowi Wacanakan Modernisasi Alat Penggilingan

SRAGEN, koranindonesia.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja di wilayah Sragen, Jawa Tengah, Rabu (3/4/2019). Dalam kunjungan ini, Jokowi bertemu dengan ribuan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi).

Jokowi yang mengenakan baju putih lengan panjang ini mengajak kepada seluruh Gapoktan dan Perpadi di Jawa Tengah untuk melakukan modernisasi alat penggilingan padi.“Dulu, petani mengeringkan padi di tengah jalan. Ini sudah jaman modern. Kita harus memodernisasi alat penggilingan padi,” kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan, masih banyaknya petani yang menjemur padi secara tradisional menjadikan kualitas padi turun. Hal itu tidak hanya terjadi pada hasil padi, tetapi juga jagung. Jokowi meminta pada Perpadi agar membeli alat dryer untuk mengeringkan padi. Selain itu, Perpadi diminta agar membeli alat alat packaging agar produk beras petani punya harga jual tinggi.

“Kasih merk apa, packaging yang bagus supaya terkenal. Kita sudah kalah dengan Vitnam,Thailand, dan Singapura. Jangan sampai kita dilampaui Laos dan Kamboja,” beber Jokowi.

Jokowi dalam kunjungan kerja tersebut juga menyerap aspirasi petani, penjual pupuk, dan pemilik penggilingan. “Usai pemilu, akan saya kumpulkan Gapoktan dan Perpadi di istana untuk membahas tentang modernisasi alat,” katanya.

Dalam kunjungan ini, Jokowi ditemani oleh Ibu negara Iriana Jokowi. Turut mendampingi Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono, dan Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Mochammad Effendi.
(ali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.