Tempat Wisata Pantai yang Wajib Dikunjungi di Indonesia

PALEMBANG, Koranindonesia.id  —  Wisata ke pantai selalu menjadi destinasi incaran di kala musim liburan tiba. Hembusan angin, ombak, dan pemandangan matahari terbenam dari pinggir pantai memang paling cocok untuk bersantai. Bagi para wisatawan pecinta pantai, ada serangkaian rekomendasi pantai terindah di Indonesia yang akan dibahas kali ini. Karena Indonesia menyimpan segudang kekayaan alam  yang sayang untuk dilewatkan.  Berikut ini ada beberapa pantai yang harus anda kunjungi di Indonesia, seperti di kutip dari laman tempatwisataunik.com sebagai berikut:

Pink Beach-Pulau Lombok

Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki keunikan pasirnya yang berwarna merah muda. Itulah yang membuat pantai ini begitu istimewa di mata banyak pengunjung. Menjadi berwarna merah muda karena pasir putihnya sudah bercampur dengan pasir berwarna merah. Percaya atau tidak, pantai dengan pasir warna tersebut cuma ada tujuh yang bisa ditemukan di dunia dan jelas yang paling cantik adalah Indonesia punya. Kesenangan pengunjung tidak hanya sebatas menikmati pasir yang berwarna merah muda, tapi pemandangan lautnya yang berwarna biru agak kehijauan pun sangat bening.

Kegiatan berenang di lautnya pun menjadi aman karena ombaknya termasuk tenang dan kecil sehingga aman untuk anak-anak. Selain dari berenang, para wisatawan pun bisa snorkeling sepuasnya karena di perairan Pink Beach memiliki beragam biota laut yang wajib ditemui. Namun, segala alat untuk snorkeling harus dibawa sendiri oleh pengunjung. Tidak ketinggalan, ada sebuah meriam kuno dan goa buatan yang bisa ditemukan di area Pantai Pink yang merupakan peninggalan penjajahan Jepang. Di pinggir pantai, ada sejumlah fasilitas umum yang bisa memenuhi kebutuhan para wisatawan, termasuk warung makan.

Tanjung Bira-Sulawesi Selatan

Pantai yang keindahannya tidak perlu diragukan lagi adalah Tanjung Bira di mana area pantai yang rapi dan bersih ini sangat mengaumkan dengan tekstur lembut hamparan pasirnya. Berlokasi di ujung selatan Pulau Sulawesi, siapapun yang datang ke tempat ini akan dibuat terpukau dan nyaman dengan adanya pohon kelapa berjajar berikut kokohnya bukit karang. Kegiatan seru yang bisa membuat lupa waktu di Tanjung Bira adalah berjemur, snorkeling, menyelam, dan berenang.

Menonton matahari terbit dan terbenam juga menjadi kegiatan yang diminati oleh banyak wisatawan. Bonusnya, ada Pulau Kambing dan Pulau Liukang yang keindahannya pun bisa dinikmati oleh para wisatawan. Dengan lokasinya yang berada di Kabupaten Bulukumba, tepatnya di Kecamatan Bonto Bahari, Tanjung Bira merupakan sebuah daerah pantai yang sudah lengkap segala akomodasi dan fasilitasnya. Di tempat ini, para pengunjung bisa menyewa motor, menggunakan kamar mandi yang nyaman, serta menyewa peralatan menyelam. Pelabuhan kapal ferry pun tersedia untuk mengantarkan setiap pengunjung yang berkeinginan untuk melakukan kegiatan diving di Pulau Selayar.

Bagi yang ingin menginap di dekat pantai juga terdapat banyak penginapan yang bisa dipilih, mulai dari villa sampai hotel yang biayanya pun beragam. Jika merasa lapar juga tidak ada masalah, di sekitar pantai terdapat rumah makan yang bisa memuaskan hasrat wisata kuliner Anda.

  • Pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 10 ribu saja untuk dapat menikmati Tanjung Bira.
  • Harga tiket masuk tersebut belum termasuk penyewaan sepeda motor maupun alat selam.

Pantai Tanjung Tinggi-Pulau Belitung

Untuk para pecinta film yang berjudul Laskar Pelangi pasti tahu dengan sebuah pantai yang bernama Tanjung Tinggi. Terdapat begitu banyak jejeran bebatuan granit dalam ukuran besar yang akan menangkap perhatian kita di sekitar sepanjang bibir pantai. Bila ditanya daya tarik apakah yang membuat begitu banyak pengunjung jatuh hati pada pantai ini, maka jawabannya tentu adalah set tersebut. Pantai Tanjung Tinggi hanya perlu dtempuh sekitar 31 kilometer dari kota Tanjung Pandan dan lokasinya pun sangat mudah diakses.

Hanya dalam waktu 40 menit, wisatawan akan sampai ke pantai ini dan segala keindahannya, termasuk pasir putih akan menyambut kedatangan Anda bersama keluarga maupun teman-teman saat mengunjungi Pulau Belitung. Pulau ini pun dikenal sebagai pulau yang menghasilkan pertambangan mineral jenis C, seperti halnya tanah liat putih atau kaolin, pasir kuarsa dan timah putih selain dari bebatuan granit. Lada putih juga diketahui berasal dari sini. Kejernihan warna lautnya yang biru dan pasirnya yang selembut salju adalah yang tidak boleh terlewat ketika menginjakkan kaki di Pantai Tanjung Tinggi di Pulau Belitung.

Tomini Bay-Gorontalo, Sulawesi

Teluk Tomini adalah salah satu pantai paling indah yang Indonesia miliki dan bagi yang berencana untuk berlibur di Gorontalo, Sulawesi, jangan sampai melewatkan spot satu ini. Ada sejumlah alasan mengapa wisatawan perlu datang ke teluk satu ini, yaitu:

  • Acara Sail Tomini – Obyek wisata dalam negeri kini tengah diperkenalkan secara gencar oleh pemerintah dengan target seluruh masyarakat dunia dan salah satu acara yang dipersembahkan dikenal dengan Sail Tomini. Isi dari acara ini adalah pertunjukan variasi atraksi yang seru, termasuk para prajurit TNI Angkatan Udara yang melakukan pertunjukan di atas Pantai Balihutuo dengan mengendarai pesawat Sukhoi dan atraksi terjun payung.
  • Banyaknya Spot Diving – Teluk Tomini memiliki sekitar 200 spot untuk kegiatan menyelam dan 20 spot diketahui berlokasi di Togian, 30 spot ada di Gorontalo dan lainnya masih banyak yang belum tereksplor. Khusus untuk spot diving paling laris adalah Taman Laut Olele dan Kepulauan Togean.
  • Beraneka Jenis Biota Laut – Biota laut yang dimiliki oleh Teluk Tomini bukan main banyaknya dan keanekaragamannya akan benar-benar membuat kita menganga, seperti adanya ikan gobi, terumbu karang raksasa, nemo, anemon, Karang Salvador, dan Kipas Laut Biru. Semuanya itu bisa dilihat dengan mata kepala sendiri dengan berdiving
  • Keberadaan Lumba-lumba – Rupanya Teluk Tomini yang merupakan alam bebas ini juga mempunyai lumba-lumba. Hewan lucu ini memang tidak dapat dinikmati sepanjang tahun, namun bila mengunjungi teluk pada bulan tertentu (Februari sampai April), maka kemungkinan untuk bisa menyaksikan ikan tersebut lebih besar.
  • Kaya akan Terumbu Karang – Teluk satu ini bukan hanya merupakan harta karun bagi masyarakat sekitarnya saja, tapi juga merupakan aset berharga bagi Indonesia dan dunia. Hal ini dikarenakan kayanya terumbu karang yang bisa ditemukan di dasar laut.

Pantai Sawarna-Banten

Pantai terindah lainnya yang ada di tanah air ada di Banten dan bernama Pantai Sawarna dengan sejuta keindahannya yang merupakan tempat wisata di banten. Kejernihan dari air laut Samudra Hindia berikut panorama deretan pohon yang ada di tempat ini makin membuat setiap wisatawan enggan untuk pulang. Terletak di Desa Wisata Sawarna, pantai ini pun menyuguhkan pasir cantik berwarna putih dan laut biru menawan yang sangat apik dan dapat dijadikan tempat refreshing serta menenangkan diri. Para wisatawan yang hendak beraktivitas surfing pun bisa menjadikan pantai ini lokasi surfing yang tepat. Sekadar info, para peselancar dari Korea, Amerika, Jepang dan Australia sudah mencoba berselancar di atas ombak Pantai Sawarna ini. Obyek wisata yang ada di Pantai Sawarna ada 4 macam menurut warga sekitar, yakni outbond, Goa Lalay, Batu Karang Dua dan Pantai Pasir Putih Sawarna ini. Karena ombak di laut pantai ini cukup besar, maka bagi yang membawa anak-anak harap mengawasi mereka agar tidak berenang sampai ke tengah-tengah.

  • Pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp 5 ribu saja untuk tiket masuknya.
  • Bagi yang ingin menginap di penginapan sekitar Pantai Sawarna, siapkan kocek dari Rp 80 hingga 150 ribu tergantung dari lengkapnya fasilitas yang ditawarkan oleh penginapan.

Pantai Nihiwatu-Sumba

Nama pantai ini memang kurang familiar bagi masyarakat Indonesia, namun keberadaan pantai ini dari 100 pantai paling baik di dunia rupanya duduk di peringkat ke-17. Terlebih lagi, Pantai Nihiwatu merupakan satu-satunya pantai di tanah air kita yang masuk dalam kategori pantai paling baik se-Asia. Begitu sempurnanya pantai ini sehingga jangan sampai para wisatawan melewatkan obyek wisata yang berlokasi di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Sumba Barat ini.

Inilah tempat liburan yang pas dan dicari oleh para pengunjung yang ingin ber-surfing ria, namun diketahui bahwa segala hal luar biasa yang terdapat di pantai ini tidak dapat dinikmati oleh sembarang orang, bahkan tidak terkecuali warga Sumba sendiri. Karena penjagaannya terlalu ketat, maka tidak semua orang bisa keluar dan masuk pantai ini. Yang diperbolehkan untuk datang dan masuk ke kawasan pantai hanyalah tamu-tamu Resort Nihiwatu, jadi pesanlah kamar lebih dulu di Resort Nihiwatu demi dapat menikmati kecantikan pantai ini.

Sebagai tamu Resort Nihiwatu, kegiatan berselancar diperbolehkan, namun tidak semua tamu bisa langsung surfing di waktu yang bersamaan, sebab ada pembatasan jumlah peselancar, yakni 10 orang saja demi keselamatan mereka. Tamu yang lain harap menunggu giliran jika sudah didapatkan 10 orang yang boleh berselancar. Selain dari surfing, berperahu menuju Teluk Pantai Konda Maloba, scuba divingsnorkelingtrekking ke air terjun, bersepeda gunung, mengamati burung dan memancing adalah serangkaian aktivitas seru yang bisa dilakukan.

Pantai Ora-Maluku Tengah

Apabila ingin berlibur di kawasan timur Indonesia, jangan lupa untuk datang ke Kabupaten Maluku Tengah, khususnya ke Desa Saleman yang memiliki Pantai Ora. Panorama bahari yang indah adalah pemandangan nomor satu yang ada di Pantai Ora, terutama pasir putihnya, pemandangan akan kehidupan bawah laut, air laut yang warnanya biru jernih dan pantainya yang begitu terjaga kebersihannya. Selain bisa mengelilingi pantai, berjemur dan duduk-duduk santai, wisatawan yang senang diving dapat mencoba ber-diving ria.

Saat menyelam, Anda akan disambut oleh ratusan terumbu karang yang begitu cantik berikut juga banyaknya ikan kecil yang berwarna-warni. Sebetulnya, para wisatawan sudah bisa mendapat pemandangan bawah laut hanya dengan mendekat ke laut sekitar 2 hingga 3 meter dari bibir pantai dan tidak perlu harus repot menyelam. Aksi seru lainnya adalah melintasi Sungai Salawai di mana pada perjalanan wisatawan dapat melihat segala proses pembuatan sagu, mendapat pemandangan aneka ragam jenis burung yang terdapat di Teluk Sulaiman dan pengambilan buah kelapa. Pusat rehabilitasi dan pendidikan satwa yang berlokasi di Dusun Masihulan juga merupakan obyek wisata yang perlu dikunjungi.

Pantai Pandawa-Bali

Bali kerap dianggap sebagai surganya wisata alam bersama dengan Lombok, dan memang tidak dapat dipungkiri bahwa Bali adalah tempat yang tepat untuk berwisata pantai. Pantai Pandawa yang dijuluki sebagai The Secret Beach merupakan pantai terpencil yang ada di Pulau Dewata, tepatnya di sebelah selatan Bali, di Desa Kutuh. Walau tersembunyi dan tertutup oleh semak-semak serta tebing-tebing yang tinggi, pantai ini tetap dapat memancarkan pesonanya. Hanya saja, para wisatawan yang ingin mendatangi pantai ini harus bersiap-siap dengan aksesnya yang cukup sulit.

Saat ke Bali, biasanya pengunjung hanya mengetahui adanya Pantai Sanur atau Pantai Kuta, namun pemandangan yang sangat cantik juga bisa didapatkan di Pantai Pandawa dengan suguhan pasir putih dan kejernihan air lautnya. Aktivitas seru yang seharusnya tidak terlewatkan adalah olahraga air berupa paralayang dan kano. Kegiatan berenang pun juga banyak dilakukan oleh para wisatawan. Ada juga parade budaya yang bisa disaksikan saat berkunjung di bulan Maret; acara ini dipersembahkan oleh para penganut agama Hindu dan Buddha.

  • Pengunjung lokal atau domestik dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 4 ribu, sementara para pengunjung mancanegara dikenakan Rp 10 ribu.
  • Pengunjung yang membawa mobil bisa membayar parkir sebesar Rp 5 ribu, sedangkan pengendara motor dikenakan biaya parkir Rp 1 ribu. Untuk bus lebih mahal biaya parkirnya, yaitu Rp 10 ribu.

Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air-Lombok

Walau di provinsi lain terdapat pantai yang sangat indah, Lombok tetap menjadi salah satu gudangnya pantai paling indah yang terdapat di Indonesia. Contoh nyatanya adalah Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno yang dikenal sebagai pulau berciri khas pantai dengan air laut jernih berwarna biru, keindahan koral karang tropis, serta pesona pasir putihnya.

Surganya diving memang diakui berada di Gili Trawangan sebab ada banyak spot diving yang ditawarkan kepada wisatawan lokal maupun dari luar negeri. Sementara untuk melihat penyu dan ber-snorkeling ria, Gili Meno adalah tempat yang paling pas karena adanya Turtle Point. Semoga informasi ini bermanfaat (nnn)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.