Banner Pemprov Agustus

Target 5 Besar MTQ Nasional, Wagub Mawardi : Kita Kembalikan Marwah Kejayaan MTQ Sumsel

KALSEL,koranindonesia.id--Sebanyak 52 kafilah Provinsi Sumatera Selatan  bertekad menjadi yang terbaik dan menargetkan 5 besar pada gelaran Mushabaqoh Tilawatil Quran (MTQ), Nasional ke XXIX, yang berlangsung di Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan.

Wakil Gubernur Sumatera Selatan H. Mawardi Yahya, hadir langsung dan memberikan semangat kepada kontingen Sumsel agar mampu menjadi yang terbaik di acara tersebut.

Didampingi Asisten 1, Edward Chandra, Sfatsus Gubernur Arwin Novansah, serta offisial Kafilah Sumsel, Wagub H Mawardi Yahya mengatakan, dengan materi yang dimiliki para kafilah Sumsel, dirinya optimis para peserta dari MTQ  Sumsel mampu manjadi yang terbaik di MTQ Nasional kali ini.

“Ya, saya melihat dengan materi para peserta, Sumber Daya Manusia (SDM) kita ini, Insya Allah optimis akan menjadi yang terbaik dan target 5 besar nasional tercapai,” harapnya.

Wagub Mawardi Yahya juga berharap, dengan mengikuti MTQ Nasional ini, akan mengembalikan marwah kejayaan MTQ Sumatera Selatan di kancah nasional yang diakui dalam beberapa tahun belakangan menurun.

“20 tahun lalu, Sumsel berjaya, mari kita kembalikan lagi marwah kejayaan MTQ Sumsel. Pemprov terus berkomitmen untuk mendukung kegiatan kegiatan demi mengembalikan kejayaan tersebut. Ini tanggung jawab kita semua,” bebernya.

Dirinya juga berpesan, agar para kafilah yang tertanding untuk berkonsentrasi dan tidak menjadikan beban agar dapat mengikuti dengan baik.

“Jangan jadi beban, harus santai tapi tetap fokus. Jaga kesehatan, istirahat yang baik agar dapat mengikuti setiap pertandingan yang dilombakan dengan baik. Untuk bonus Insya Allah ada,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dalam sambutannya mengatakan,  MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al-Qur’an, tetapi juga mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al-Qur’an.

“Ya, MTQ diharapkan meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka, selain juga sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan muslimah,” ungkapnya.

Wapres Ma’ruf Amin juga menyampaikan, selain sebagai ajang perlombaan untuk menjadi juara, momen ini juga baik untuk menjadi forum memperkuat tali silaturahmi antarumat.

“Saya juga optimis, MTQ ini dapat terus dilaksanakan dalam rangka memperkokoh silaturrahim dan kebersamaan, sehingga dapat bersinergi membangun  keberagaman, perekonomian bangsa, dan kesejahteraan rakyat menuju Indonesia Maju,” ujarnya.

Untuk diketahui Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengirimkan 103 orang perwakilan yang terdiri dari peserta 52 orang, pelatih 15 orang, Oficial, dokter perawat, tim IT dan lain lain sebanyak 36 orang.

Kontingen Kafilah Sumsel juga mengikuti tujuh cabang yang dilombakan meliputi Tilawah, Tahfizh, Tafsir, KTIQ,  Syarhil Qur’an, Fahmil Qur’an dan Kaligrafi.

Wakil Gubernur Sumsel, H. Mawardi Yahya juga menyempatkan diri bertemu, bertatap muka dan memberikan dukungan dan arahan kepada peserta dan official Sumsel di tempat penginapan.

Pembukaan MTQ Tingkat Nasional XXIX Tahun 2022  diselenggarakan di Astaka Utama Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan dan dibuka langsung oleh Wakil Presiden KH Maruf Amin.

Perhelatan festival keagamaan tahunan ini, berlangsung pada 10 – 19 Oktober 2022 diikuti oleh  seluruh peserta MTQ dari 34 provinsi. **

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.