Tapping Box Dipasang, Penerimaan PAD Alami Peningkatan

PALEMBANG, koranindonesia.Id-Sejak dipasangnya tapping box di restoran dan hotel, membuat Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam dua bulan pertama ini plus Rp15 miliar dibandingkan tiga tahun sebelumnya. Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Pengelola Pajak Daerah (BPPD) Kota Palembang, Shinta Raharja, Rabu (27/2/2019).

Shinta mengatakan, saat ini tapping box sudah dipasang 200 unit bekerja sama dengan Bank Sumsel Babel. “Tahap awal ini kami memasang 400 unit alat tapping box dulu, nanti kalau memang masih kurang akan kembali ditambah,” jelasnya.

Hal ini juga bagian untuk menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang diproyeksi melangit hingga Rp1,3 triliun. Selain tapping box, menurutnya pihaknya juga menggalakkan penagihan piutang pajak.

“Dalam dua bulan ini PAD kita sudah terealisasi Rp90 miliar atau plus Rp15 miliar dibandingkan bulan yang sama tiga tahun lalu yang biasanya baru capai Rp65 miliar, yang mendominasi dari 11 pajak itu adalah BPHTP juga Pajak Penerangan Jalan (PPJ),” jelasnya.

Pemasangan tapping box ini dorongan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengoptimalkan pendapatan pajak dan lebih transparansi. Pemasangan tapping box di tempat potensial pajak seperti restoran, hotel dan tempat hiburan.

Walikota Palembang, Harnojoyo mengatakan, upaya optimalisasi pajak memang harus dilakukan dengan berbagai cara. Sebab saat ini target PAD naik Rp500 miliar dari tahun lalu yang hanya Rp748 miliar sekarang menjadi Rp1,3 triliun.

“Upaya menghimpun pajak juga sudah diperluas dengan kerja sama pembayaran pajak di Kantor Pos, baik pajak restoran, PBB dan apapun itu bisa melalui kantor pos selain ke bank, sekarang sudah kita permudah lagi,” jelasnya. (Iya)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.