Banner sumsel

Tanyakan Perkembangan Kasus Alung, API Datangi Polres Lahat

LAHAT,koranindonesia.id- Aliansi Pembela Islam (API) mendatangi Polres Lahat. Mereka mempertanyakan hasil pemeriksaan terhadap terduga pelaku ujaran kebencian, Radius Arcs Chatles alias Alung. Terduga dianggap telah menyudutkan umat Islam saat dia mengomentari postingan ceramah Ustadz Abdul Somad yang disebar akun facebook (FB), Senin (2/4).

Selain mempertanyakan pemeriksaan terhadap Alung, API menyampaikan surat pemberitahuan yang berisikan aduan masyarakat terkait kasus Alung kepada Kapolres sekaligus menyampaikan surat pemberitahuan aksi damai.

Kedatangan API ini disambut Kapolres Lahat, AKBP Robby Karya Adi. Kapolres mengajak perwakilan API untuk berdialog di ruang musyawarah Polres Lahat.

Emil Asy Ary, perwakilan dari Pemuda Muhammadiyah mengatakan kedatangan mereka ke Polres ingin menanyakan hasil  penyelidikan terkait pengaduan ujaran kebencian yang dilakukan Alung.

Ditambahkan Ketua API, Elvin Kurniansyah, Ormas Islam yang tergabung didalam API telah mengkaji cuitan Alung di akun facebooknya.

“Kami sudah menemukan bukti baru bahwasanya setelah pengaduan pertama Alung masih aktif menggunakan Medsos dengan men-share sesuatu yang tidak sesuai dengan ranahnya sebagai non muslim. Kami datang kemari dengan membawa laporan baru beserta surat aduan dari masyarakat. Kami meminta pihak kepolisian untuk segera menyelidiki kembali dengan bukti yang kami sertakan,” ucap Elvin Kurniansyah.

Sementara itu Kapolres Lahat, Robby Karya Adi mengapresiasi atas apa yang dilakukan oleh API karena meminta pada sumber yang tepat (Polres Lahat).

“Yang pertama kami apresiasi tindakan ini. Yang mana meminta pernyataan pada tempat yang tepat (Polres Lahat). Bukan dari sekadar desas-desus di luar saja,” ujar Robby Karya Adi mengawali.

“Yang selanjutnya, untuk hasil dari penyelidikan awal kami, setelah menyerahkan kepada tim ahli yang terdiri dari ahli bahasa, ahli IT dan Kominfo, dinyatakan bahwa tidak adanya unsur pidana dalam status Alung. Dan hal ini sudah kami sampaikan kepada tokoh agama di Kabupaten Lahat. Kalau ada aduan masyarakat yang ingin diajukan ke kami, kami siap untuk memprosesnya,” tambah Robby Karya Adi didampingi Kasat Reskrim Ginanjar.

Akhirnya pertemuan ini menemui kesepakatan bahwa pihak Kapolres akan mengupayakan pertemuan langsung antara API dan Radius alias Alung untuk penjelasan duduk perkara serta klarifikasi.(Nur)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.