Banner sumsel

Tantangan Media Kedepan Makin Beragam, Perlu Kreativitas

 

PALEMBANG, koranindonesia.id– Menghadapi tantangan jurnalistik kedepan maka jurnalis harus kreatif, kritis, dan berkoloborasi.

Hal itu disampaikan oleh Dr. Aceng Abdullah saat menjadi pembicara tamu dalam kuliah umum pada Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya (Unsri) yang bertemakan “Tantangan Dunia Jurnalistik Pada Era 4.0” di Aula Lantai 4 Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik (FISIP), Kampus Palembang, Kamis (10/10).

Kuliah umum yang dibuka oleh Wakil Dekan FISIP Unsri Prof. Dr. Alfitri M.Si ini dihadiri oleh dosen dan mahasiswa Ilmu Komunikasi Unsri.

Saat menyampaikan materi, Aceng menyebutkan beberapa tantangan yang dihadapi dunia jurnalistik saat ini yaitu perkembangan teknologi komunikasi, perubahan penggunaan media, serta persaingan dengan media sosial.

“Untuk itu kunci menjadi seorang jurnalis yang paling penting adalah kreativitas dilanjutkan dengan berpikir kritis, kemampuan berkomunikasi serta berkolaborasi,” jelas Ketua Program Studi Televisi dan Film, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran.

Ditambahkan Aceng bahwa media massa harus lebih menarik dengan menerapkan jurnalisme visual, melakukan konvergensi media atau multi-platform baik untuk konten maupun iklan, “katanya. Dan ia berharap dari mahasiswa komunikasi Unsri dapat menjadi penerusnya kedepan.

Desta mahasiswa komunikasi mengapresiasi kuliah umum ini dia berharap kegiatan seperti terus dilakukan dengan menghadirkan sumber dari luar kampus. (Feb)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.