Banner pemprov Sumsel Vaksin
Muba vaksin maret 2021

Tanpa Asap 2020, Menteri LHK: Keberhasilan Penerapan TMC

Jakarta.lpranindonesia.id-Nihilnya bencana asap sepanjang 2020 di berbagai daerah dinilai merupakan hasil dari berbagai upaya pencegahan dan penanggulangan yang dilakukan seluruh pemangku kepentingan terkait.

Untuk itu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, menyampaikan apresiasi kepada seluruh pejabat pusat dan daerah serta masyarakat, terutama di tujuh provinsi setelah para Gubernur memberikan penjelasan dan laporan pengendalian Karhutla di wilayah masing-masing, yaitu Gubernur Riau, Gubernur Jambi, Gubernur Sumsel, Gubernur Kalbar, Gubernur Kalteng, Gubernur Jatim, dan Gubernur NTT.

Menteri Siti mengatakan salah satu penyumbang keberhasilan antisipasi karhutla yang menimbulkan bencana asap adalah penerapan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Penggunaan teknologi ini harus dipersiapkan dengan baik untuk menghadapi ancaman karhutla yang biasanya terjadi menjelang pertengahan tahun.

“TMC ini harus betul-betul kita persiapkan, dan kita harus berhati-hati juga, karena di bulan April-Mei akan menghadapi bulan puasa dan lebaran, serta masih dalam situasi pandemi Covid-19,” tutur Menteri Siti dalam keterangan resmi rapat koordinasi khusus (rakorsus) antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang dipimpin oleh Menko Polhukam Mahfud MD, Selasa (9/2/2021).

Menteri Siti juga mengatakan terobosan lain yang mendukung keberhasilan pencegahan karhutla yaitu peran Masyarakat Peduli Api (MPA) Paralegal. Menteri Siti menyampaikan konsep ini dapat diintegrasikan dengan Desa Tangguh Bencana dan Desa Mandiri.

“Untuk itu, perlu dikembangkan mekanisme kompensasi kebijakan insentifnya bagi daerah melalui Dana Alokasi Khusus,” kata dia.

Dalam rakorsus ini, turut hadir Mendagri Tito Karnavian, Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, dan Wakil Menteri LHK Alue Dohong. Selain itu, turut hadir secara virtual jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju, pimpinan lembaga, dan sejumlah gubernur.(YDR)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.