Banner sumsel

Tangerang Kota dengan Kinerja dan Tata Kelola Baik versi IIPG

JAKARTA,koranindonesia.id–Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menerima Penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2018 dengan predikat Pemerintah Daerah dengan Kinerja dan Tata Kelola Baik yang diberikan oleh Indonesian Institute Publik Hoblvernance (IIPG) di hotel Grand Sahid, Sudirman, Jakarta, Jumat (26/10/2018).

Penghargaan tersebut langsung diterima oleh Walikota Tangerang Arief R Wismansyah yang diserahkan oleh mantan Wakil Presiden Boediono yang meyerahkan langsung penghargaaan serta piagam.

Dari 538 pemerintah daerah di Indonesia disaring dalam penjurian oleh tim independen dengan penilaian beberapa tahap, mulai survey lapangan kemudian dilanjutkan dengan pengolahan data-data yang meliputi laporan keuangan daerah, penetapan APBD yang tepat waktu hingga inovasi-inovasi yang dikerjakan kepala daerah bagi kemajuan daerahnya.

Selain Kota Tangerang penghargaan serupa juga diterima beberapa daerah lainnya seperti Kota Balikpapan, Kota Banjarbaru, Kota Bontang, Kota lubuk Lingga, Kota Mataram, Kota palu, Kota pare-pare, Kota Pontianak, Kota Sorong, Kota Tidore kepulauan, Kota Tomohon, Kota Banjar Baru dan Kota payahkumbuh.

Sementara Kota yang mendapat Predikat Pemerintah Daerah dengan Kinerja dan Tata Kelola sangat Baik adalah Kota Denpasar, Kota Depok, Kota Sukabumi, Kota Padang, dan Kota Surakarta.

Bagi Kota Tangerang penghargaan ini merupakan kali kedua yang diterima dari IIPG, dimana pada tahun 2017 tahun lalu, Kota Tangerang juga berhasil meraih Pemerintah Daerah dengan Kinerja dan Tata Kelola Sangat Baik. Penghargaan ini, menunjukkan bahwa Walikota Tangerang  Arief R Wismansyah telah bekerja dengan baik untuk kemajuan daerahnya.

Walikota Arief R Wismansyah mengatakan berterima kasih kepada tim penilai yang telah menganugrahi Kota Tangerang sebaiknya salahsatu daerah yang meraih hasil baik. Namun, hal ini tercapai karena kinerja pemerintahan Kota Tangerang yang semakin baik, sebab telah banyak terobosan-terobosan baru yang sudah dilakukan selama ini, mulai dari pendidikan gratis Swasta dan Negeri, pengobatan gratis, bedah rumah, bahkan Kota Tangerang juga telah memiliki Tangerang Live, I Government, program Tangerang Terang, Bedah  rumah, pembangunan jalan, bedah rumah, dll.

“Kota Tangerang selalu meningkatlan terobosan baru untuk meningkatkan prestasi di pemerintahan, target lima tahun kedepan akan dilakukan tingkat RT, RW,” terangnya.

Sementara Ketua IIPG, Sigit Pramono dalam sambutannya pada acara seremoni penyerahan penghargaan yang dilaksanakan di hotel Grand Sahid Jakarta menjelaskan bahwa penghargaan merupakan bentuk apresiasi kepada Kepala Daerah yang telah melakukan berbagai terobosan dalam pengelolaan pemerintahannya.

Dikatakan Sigit Penilaiannya meliputi aspek governance meliputi tata kelola keuangan, tata kelola pemerintahan dan juga anti korupsi. Sehingga dari jumlah 538 daerah itu terdapat 200 daerah lolos saringan, yang kemudian disaring kembali menjadi 50 daerah Kota, Kabupaten dan Provinsi yang pantas menerima penghargaan.

Sigit menjelaskan, Inovasi merupakan langkah terbaik bagi perkembangan daerah. Daerah yang maju memang harus mempunyai inovasi, utamanya bidang infrastruktur, bidang pendidikan dan bidang kesehatan.

“Anugerah Pandu Negeri ini juga menjadi bukti komitmen pemimpin daerah dengan kinerja dan tata kelola keuangan yang baik, sehingga tidak ada lagi pemimpin daerah terlibat kasus yang bertentangan dengan prinsip tata kelola pemerintahan daerah yang bersih,” tandasnya. (Erw)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.