Tanam Puluhan Ribu Bibit Mangrove, Pangdam V/Brawijaya Pimpin Penanaman Di Kabupaten Bangkalan

Bangkalan,koranindonesia.id- Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto, M.Sc, melakukan kegiatan kunjungan kerja ke desa Lajing, Kecamatan Arosbaya,  Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan penanaman bibit Mangrove sebanyak kurang lebih 30.000 bibit yang dilakukan secara serentak di 17 Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

“Sebelumnya, kami juga melakukan penanaman pohon mangrove sebanyak 40 ribuan lebih. Jadi, total pohon mangrove yang sudah kita tanam di Jawa Timur kurang lebih 80 ribuan pohon,” jelas Mayjen TNI Nurchahyanto M.Sc saat wawancara, Jumat, (4/3) kemarin.

Menurut Pangdam, Penanaman bibit Mangrove tersebut merupakan upaya nyata Kodam V/Brawijaya dalam mendukung pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam melestarikan lingkungan khususnya pencegahan erosi dan abrasi serta menjaga ekosistem pantai.

“Saya melihat partisipasi masyarakat juga sangat luar biasa. Mereka bersama kami melaksanakan penanaman pohon mangrove diberbagai daerah,” tambahnya.

Pangdam berharap, kegiatan penanaman bibit mangrove tersebut bisa dilakukan secara berkelanjutan. Sehingga apa yang sudah ditanam hari ini bisa bermanfaat untuk masa yang akan datang.

“Kalau sudah ditanam harus kita jaga, kita rawat dan dilestarikan. Jangan sampai dibiarkan,” Harap Pangdam.

Sementara Kepala Desa Lajing, Kecamatan Arosbaya, Muhammad Sochib menambahkan penanaman pohon mangrove di kawasan pesisir desa tersebut sangat bermanfaat. Hal itu dikarenakan terjadinya abrasi sepanjang 20 meter.

“Sangat berdampak sekali, terutama di lahan pertanian. Mudah mudahan penanaman pohon mangrove ini bisa mengurangi dampak abrasi. Sehingga para petani bisa lebih sejahtera lagi nantinya,” ujar Sochib.

Dalam kegiatan tersebut, juga dihadiri Forkopimda Kabupaten Bangkalan. Diantaranya, Bupati Bangkalan, Kapolres Bangkalan, Kejaksaan Negeri Bangkalan, dan Kepala Pengadilan Negeri Bangkalan.

(Ril)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.