Banner sumsel

Tambah Penghasilan, Desa Keban Agung Budidaya Ikan Semah

LAHAT,  koranindonesia.Id – Ikan Semah merupakan salah satu ikan khas Lahat yang hidup di Sungai Lematang. Selain lezat, harga ikan ini pun cukup tinggi. Melihat peluang tersebut, Desa Keban Agung, Kecamatan Mulak Sebingkai, melalui Bumdes membudaya ikan tersebut.

Ikan itu dibudidaya di dalam kolam air deras yang dibangun setelah melihat adanya potensi lokal desa berupa aliran sungai.

“Selain ikan Semah. Kita juga budidaya ikan Mas, Baung, Lobster, dan ikan Nila,” ujar Kepala Desa Keban Agung, Mahidin (48) saat menerima kunjungan Camat Mulak Sebingkai Drs Erlambang MM dan Kepala Dinas PMD, Pauzan Khoiri.

Dikatakannya kolam air deras yang dibangun Bumdes tersebut ada 4 petak. Awal pembangunan kolam air deras ini mencontoh dari provinsi tetanggga yang memanfaatkan potensi alam berupa aliran air dan membangun kolam air deras. “Rencananya bulan puasa tahun depan akan kami buat Mancing Mania karena ikan Semahnya mungkin sudah besar- besar,’’ ungkapya, Minggu (21/10/2018).

Sementara Camat Mulak Sebingkai, Drs Erlambang mengungkapkan beberapa desa di kecamatan yang ia pimpin telah mengembangkan potensi lokal desa. Seperti pemanfaatan tebat desa sebagai tempat wisata. Lalu kolam air deras dan pertanian.

“Kita  berharap adanya Bumdes dan unit usaha lainnya dapat menambah ekonomi masyarakat dan mensejahterakan masyarakatnya,” ungkapnya. (Sfr)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.