Banner sumsel

Tak Patuh Aturan, Spanduk Caleg di Lahat Dicopot

LAHAT, koranindonesia.Id-Maraknya alat peraga kampanye, berupa baleho yang terpasang tidak pada tempatnya di sejumlah tempat di Kota Lahat. Rabu malam (17/10/2018) sekitar pukul 21.00 WIB, akhirnya ditertibkan oleh Bawaslu Lahat. Menariknya persis saat akan berangkat melakukan penertiban APK bersama KPU Lahat, Sat Pol PP, sejumlah anggota partai politik, dan himpunan pecinta alam. Ada salah satu caleg yang menolak, dan meminta Bawaslu Lahat tidak menurunkan baleho miliknya.

“Tolong jangan turunkan baleho saya. Saya belum mendapatkan surat peringatan dari Bawaslu, jadi saya tidak tahu,” ujar Pirdaus, Caleg dari PBB untuk Dapil Kota Lahat, ketika mencegat Ketua Bawaslu Lahat usai membuka apel penertiban di halaman Pemda Lahat.

Sayangnya tindakan tegas tetap diambil oleh Bawaslu Lahat. Ratusan APK yang terpasang tidak pada tempatnya, termaksud milik Pirdaus ikut ditertiban. Seperti disimpang JL Veteran, sepanjang ruas jalan protokol, depan Masjid Al Muttaqin, sepanjang ruas jalan arah RSUD Lahat, hingga sepanjang JL RE Martadinata.

“Surat peringatan sudah kita berikan ke masing-masing Parpol. KPU sudah jelas mengatur zona-zona terlarang dipasang APK. Kalau memang mau menurunkan sendiri, itu lebih bagus,” ujar Ketua Bawaslu Lahat, Andra Juarsyah, Kamis (18/10/2018).

Sesuai aturan KPU Lahat sepanjang ruas jalan protokol memang jadi zona larangan memasang APK. Meskipun APK tersebut terpasang di sekitar selokan, seperti yang terlihat di simpang Jl Veteran. Tapi jika APK caleg tersebut terpasang didalam pagar lahan milik masyarakat, dinyatakan tidak melanggar aturan.

“Kalau itu masuk ke lahan masyarakat, kita tidak ada dasar untuk menertibkannya. Kita imbau para caleg dapat mengikuti saja aturan yang ditetapkan KPU,” ucap Ketua Bawascam Kota Lahat, Marwansyah. (Sfr)

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.