Suporter Jepang Menangkan Piala Dunia 2018

RUSIA, koranindonesia.id – Sebuah gerakan yang luar biasa dari para supoter Jepang tampaknya telah mempermalukan setiap pendukung negara lain yang berlaga di Piala Dunia 2018 Rusia.

Betapa tidak, para pendukung tim berjuluk ‘Samurai Biru’ itu sekali lagi menunjukkan alasan, mengapa mereka memiliki penggemar terbaik di Piala Dunia 2018, setelah mereka tampak membersihkan sisa-sisa sampah Stadion Mordovia Arena di Saransk, Rusia, usai laga antara Jepang kontra Kolombia yang berakhir dengan kemenangan Jepang 2-1, Selasa (19/6/2018) lalu.

Dilansir dari The Sun, Jumat (22/6/2018) menyebutkan, Asia yang diwaliki oleh Jepang, telah meraih kemenangan pertama Piala Dunia mereka di tanah Eropa setelah mengalahkan wakil dari Amerika Selatan (Kolombia) dan para penggemar Jepang pun merayakannya, dengan melakukan aksi bersih-bersih, sama seperti yang mereka lakukan selama Piala Dunia di Brasil empat tahun lalu.

Para pendukung membawa kantong sampah bersama mereka ke pertandingan melawan Pantai Gading pada 2014, meskipun kalah para penggemar Jepang ini tetap tinggal, untuk melakukan aksi bersih-bersih.

Meski demikian, perilaku pendukung timnas Jepang ini bukan pertama kalinya terjadi. “Ini bukan bagian dari budaya sepak bola, tapi bagian dari budaya Jepang,” jelas jurnalis sepak bola yang berbasis di Jepang, Scott McIntyre, dilansir dari BBC.com.

McIntyre saat ini berada di Rusia guna melaporkan perkembangan timnas Jepang. Menurutnya, dia tidak terkejut dengan sikap para suporter Jepang.

“Anda kerap mendengar orang berkata bahwa sepak bola adalah cerminan budaya. Aspek terpenting dalam masyarakat Jepang adalah memastikan segala sesuatunya benar-benar bersih dan itulah yang terjadi dalam acara olahraga, termasuk sepak bola,” ujarnya.(ded)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.